DINAS P3A BOMBANA SOSIALISASI PENGARUS UTAMAAN GENDER

SHARE:
  •  
  • 9
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos,26/09/2018,
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bombana, belum lama ini (26/9), melaksanakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tingkat Kabupaten Bombana. Menghadirkan peserta sekitar 88 orang yang terdiri dari Kepala OPD dan Camat serta Utusan dari masing-masing OPD se-Kabupaten Bombana.
Bupati Bombana H. Tafdil, SE.,MM. dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III, H. Engki, SE.,M.Si. menyampaikan, bahwa saat ini untuk mencapai pembangunan kualitas hidup perlu terus ditingkatkan dengan Pengarus Utamaan Gender. Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menghindari kesenjangan.
Diungkapkan, selama ini peran laki-laki masih dianggap lebih baik dari perempuan padahal kemampuan dan keterampilan perempuan tidak kalah dari kemampuan laki-laki, melihat hal ini maka keterlibatan gender sedapat mungkin perlakuannya harus sama sehingga tidak ada lagi diskriminasi dalam berbagai aspek kehidupan.
Sebagai bentuk keseriusan dan perhatian untuk memberikan porsi yang seimbang dalam program pembangunan di Kabupaten Bombana, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Peraturan Bupati Bombana Nomor 8 tahun 2017 tentang Pengarus Utamaan Gender.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Abdul Rahman memaparkan, bahwa gender tidak sama dengan perempuan menurutnya gender adalah perbedaan-perbedaan perilaku, status tanggung jawab, fungsi perilaku laki-laki dan perempuan yang merupakan konstruksi (rekayasa sosial) gender bukan didasarkan pada perbedaan biologis.
Dalam Pengarusutamaan Gender lanjut Abdul Rahman, mengutip Inpres No 09 tahun 2009 dimana dalam Pengarusutamaan Gender, strategi untuk mencapai Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan.

Husning, S.Pd.,M.Si, Kabid Peningkatan Kualitas Perempuan dan Kualitas Keluarga

Husning,S.Pd.,M.Si Kepala bidang peningkatan kualitas perempuan dan kualitas keluarga menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Inpres Nomor 9 tahun 2009 yang sekaligus juga merupakan realisasi dari program pembangunan sesuai visi –misi Bupati Bombana dalam rangka peningkatan kesejahteraan yang dituangkan dalam peraturan Bupati Bombana No 8 tahun 2017 tentang Pengarusutamaan Gender.
“Peran serta gender dalam berbagai sektor pemerintahan, perlu terus didorong. Kedepan kita akan membuat tim yang melibtkan seluruh OPD dan kecamatan di Kabupaten untuk melakukan pendataan terhadap sejauh mana kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap peran serta gender disegala sektor” Kata Husning.
Dari identifikasi di lapangan dengan pelibatan semua pihak kita akan rangkum dalam sebuah buku tentang peran gender dan kepedulian serta perhatian pemerintah di Kabupaten Bombana. Ujarnya lagi.

Penulis: Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan