DISTAN BOMBANA SERAHKAN 20 UNIT BANTUAN HAND TRACTOR RODA DUA

SHARE:
  •  
  • 17
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Ir. Hj. Andi Nuralam, M.PW. menyerahkan bantuan hand tractor roda dua kepada 20 kelompok tani yang tersebar di Wilayah Kabupaten Bombana. Penyerahan itu berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Rabu (19/8)
Dikatakan, bantuan sebanyak 20 unit hand tractor sebagai tindak lanjut setelah kunjungan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, dalam rangkaian panen raya di Desa Biru Kecamatan Poleang Timur 26 Juli 2018 Lalu. Kata Kadis, dalam kegiatan panen raya di Desa Biru Kecamatan Poleang Timur, Pak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman merespon keluhan yang disampaikan warga tani terkait sulitnya meningkatkan hasil produksi karena terbatasnya sarana produksi yang dimiliki. Sebetulnya masih memungkinkan diberikan bantuan kelompok tani yang lainnya. Hanya saja sampai pengusulan akan diajukan pihak Dinas Pertanian baru menerima 20 Proposal hasil verifikasi di lapangan.
20 kelompok penerima akan mendapatkan masing masing satu unit bantuan hand tractor per kelompok merek Kubota Quick Zeva 3000. Kelompok penerima dimaksud terdiri dari 3 kelompok dari Kec.Kabaena Tengah. 8 kelompok dari Kecamatan Poleang Timur, 1 kelompok dari Kecamatan Rumbia, 2 kelompok dari Kecamatan Rarowatu Utara, 2 kelompok dari Kecamatan Lantari Jaya, 1 kelompok dari Kecamatan Poleang Tenggara, 1 kelompok dari Kecamatan Poleang Tengah, 1 kelompok dari Poleang Utara, dan 1 kelompok dari Kecamatan Kabaena Utara.
Hj. Andi Nuralam meminta kepada kelompok tani yang belum sempat melengkapi proposal yang telah diajukan supaya segera melengkapi sesuai persyaratan yang dibutuhkan untuk diajukan lagi. “Kami menerima puluhan usulan dari kelompok tani, hanya saja setelah diverifikasi baru 20 kelompok yang memenuhi syarat dan sebanyak itu yang kami ajukan ke pihak Kementerian Pertanian untuk dimintakan bantuan” ujarnya.
Mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bombana ini meminta kepada kelompok tani yang menerima bantuan agar betul-betul dapat memanfaatkan sebaik mungkin. “Kami harapkan setelah menerima bantuan hand tractor, agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertaniannya, dengan meningkatnya hasil produksi tentu akan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan keluarga” kata Kadis.
Ketut W. ketua kelompok Tani Sinar Rejeki dari Desa Marga Jaya Kecamatan Rarowatu Utara mengaku sangat bergembira dan berterima kasih dengan adanya bantuan untuk mengolah lahan sawah milik kelompoknya. jika selama ini pihaknya mengolah lahan sawah dengan meminjam hand tractor terkadang harus menunggu 3 sampai 4 hari.
“Bayangkan pak, kami terkadang menunggu 3 sampai 4 hari baru bisa mengolah lahan sawah milik kelompok kami karena sulitnya mendapatkan hand tractor. Itupun harus didatangkan dari tempat lain. Makanya kami juga lambat mengolah lahan sawah yang kami miliki” Kata Ketut W.
Ketut menuturkan pengalamannya, dalam kondisi tertentu bila bersamaan dalam menggarap lahan persawahan satu kelompok harus rela menunggu setelah digunakan ditempat lain baru dialihkan lagi ke lahan sawah milik kelompoknya. Ketua Kelompok Tani Sinar Rejeki Desa Marga Jaya Kecamatan Rarowatu Utara, mengaku sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bombana yang telah memberikan bantuan kepada kelompok tani yang memang sangat dibutuhkan.
“Kami dari kelompok tani Sinar Rejeki, sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya bantuan ini. karena sangat kami butuhkan untuk meningkatkan produksi, serta mempercepat pengolahan sawah yang kami garap selama ini.” ujar Ketut.

Penulis: Tim Kominfos
Editor: Anton Ferdinan