HAJRAH, MENJALANI PERAWATAN INTENSIF DI RSUD KAB. BOMBANA

SHARE:
  •  
  • 74
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos

Sabtu, pukul 15.00 siang menjelang sore, merupakan hari kebahagiaan tersendiri bagi keluarga Hajrah L. Johan (29) betapa tidak, pihak keluarga tidak membayangkan jika pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana dalam menjemput mantan atlet yang telah tiga bulan terbaring lemah di Kelurahan Rahampu’u Kecamatan Kabaena Kab. Bombana Sultra begitu istimewa. Hal itu diungkapkan Ratmalina (50 ) kerabat Hajrah yang turut mendampingi disela-sela penjemputan di Pelabuhan Kasipute (4/8) “Kami benar-benar bersyukur dan senang sekali, dengan pelayanan Pemda Bombana. Kami tidak menduga akan dilayani seperti ini dengan menyiapkan dua mobil ambulance yang telah menunggu sejak siang tadi” kata Ratmalina.

Mobil Ambulance RSUD Kab. Bombana Menunggu Hajrah di Pelabuhan Kasipute

Begitu besarnya perhatian Bupati Bombana H. Tafdil, SE.,MM. jau-jauh hari telah menginstruksikan agar SKPD Teknis mengambil langkah-langkah terkait perawatan mantan atlit yang telah mengharumkan nama daerah dan Bangsa Indonesia di Manca Negara 2015 lalu. Perintah orang nomor satu di Wonua Bombana itu direspon dengan cepat Kadis Kesehatan Dr. Sundandar dan Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bombana Janariah, S.Sos.,M.Si. serta Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana drg.Riswanto.

Kepada Kominfos, drg. Riswanto Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bombana, mengungkapkan bahwa pihak rumah sakit telah menyiapkan fasilitas perawatan yang akan diberikan kepada Hajrah. “Pastinya, begitu pasien (Hajrah-red) tiba di Rumah Sakit , langsung diberikan tindakan penanganan medis, selanjutnya kami akan observasi terhadap penyakit yang diderita Hajrah, setelah itu akan dilanjutkan penanganan yang akan dilakukan oleh dokter spesialis” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olagraga bersama Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bombana Ikut Menjemput Hajrah di Pelabuhan Kasipute

Pantauan Kominfos, proses penjemputan Hajrah, beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Daerah kabupaten Bombana turut hadir, diantaranya, dr. Sunandar Kadis Kesehatan Kab. Bombana, Janariah, S.Sos.,M.Si. Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana, drg. Riswanto, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bombana dan sejumlah pejabat lainnya.

Setelah menempuh penyeberangan sekitar 6 jam dengan Kapal Laut KM Setia Kawan dari Sikeli sekitar pukul 09.00 dan tiba di Pelabuhan Kasipute pukul 15.00 Hajrah didampingi dua orang perawat dan kerabatnya selanjutnya dipindahkan ke mobil ambulance yang telah disiapkan Pemda Bombana lalu dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah di Kelurahan Poea. Dirumah sakit plat merah itu, dokter spesialis yang akan merawat Hajrah telah menunggu di Ruang Instalasi Rawat Darurat (IRD).

Hajrah Tiba di RSUD Kab. Bombana

Dr. Sunandar Kadis Kesehatan menuturkan, pihak rumah sakit akan melakukan perwatan secara maksimal. Setelah pemeriksaan dari dokter ahli penyakit dalam, akan dilakukan pemeriksaan awal pihak medis dengan pemeriksaan lengkap di laboratorium. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan melalui radiologi termasuk proses ultrasonografi (USG).

“Jika dari hasil uji laboratorium dan pihak RSUD tak mampu menanganinya, maka ada kemungkinan ia akan dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas Sultra dan tentu atas fasilitas pemda Bombana” ujarnya.

Hajrah di Tangani Oleh Dokter Ahli

Lukman, S.Pd. Kabid Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bombana,” mengapresiasi dukungan semua pihak untuk membantu penyembuhan penyakit yang diderita mantan pelari cabang olahraga atletik itu. Sebagai bentuk perhatian Bidang Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana, pihaknya melakukan koordinasi lintas sektor serta menggalang dukungan pendanaan di lingkup SKPD Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga dan pihaknya sudah menyerahkan kepad kerabat Hajrah guna meringankan dan membantu biaya perawatan selama ini.

“Kami sangat mengharapkan semua pihak untuk memberi dukungan dan mendoakan untuk kesembuhan putri terbaik yang pernah mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia. Karena ini mrupakan tanggungjawab kita bersama”. Kata lukman.

Penulis: Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan.