KEMENDIKBUD RI PROGRAMKAN PERTUKARAN KEPALA SEKOLAH

SHARE:
  •  
  • 30
  •  
  •  
  •  

 

RUMBIA, Kominfos.

Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENDIKBUD RI) untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan di Indonesia, dilaksanakan melalui Program Pertukaran Kepala Sekolah. Sebagai tindak lanjut program tersebut, dilakukan dengan menggelar lokakarya yang di Jakarta tanggal 23 Juli 2018 lalu selama 4 hari.

Kepala sekolah terpilih se-Indonesia dikumpulkan dalam satu tempat dan dihadiri Kepala Sekolah imbas dan Kepala Sekolah Mitra dari Provinsi Aceh hingga Papua untuk  bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaaan Kabupaten Bombana Abd. Rauf Abidin, S.Pd. kepada Kominfos mengungkapkan Setelah kegiatan lokakarya dilakukan, Kepala Sekolah Imbas melakukan magang ke sekolah mitra selama 7 hari.

Tujuannya adalah untuk mempelajari tiga hal utama dari tugasnya sebagai kepala sekolah, yaitu : Manajerial, Supervisi, dan Kewirausahaan. Ada Enam sekolah di Kabupaten Bombana yang termasuk dalam sekolah imbas, dengan sekolah mitranya berasal dari kota Solo. Sekolah-sekolah imbas dari Kabupaten Bombana antara lain : SDN 11 Bambaea, SDN 69 Boepinang, SDN 81 Boeara, SDN 54 Larete,SDN 65 Matirrowalie dan SDN 46 Toari Bombana.

Selanjutnya kata Rauf Abidin, selesai dari magang, Kepala Sekolah Imbas maupun mitra kembali mengikuti lokakarya di Jakarta selama 3 hari. Kemudian kepala sekolah imbas akan kembali ke sekolahnya masing-masing dengan didampingi langsung oleh kepala sekolah mitra selama tujuh hari.

“Mereka akan menerapkan apa yang telah dipelajari sebelumnya melalui metode adopsi, adaptasi, dan pengembangan. Selain di dampingi oleh kepala sekolah mitra, ada juga fasilitator kebudayaan yaitu Dr. Sukmawati, M.Pd yang turut mendampingi kepala sekolah imbas.” Ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Moh. Tahir, S.Pd. menuturkan Selesai acara pendampingan, kepala sekolah mitra yang dari Solo maupun Fasilitator dari Kemendikbud sempat mengunjungi Kadis  Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana , Abdul Rauf Abidin, S.Pd.

“Untuk mengawasi perkembangan yang ada di sekolah imbas dari kabupaten Bombana, maka dilibatkan pengawas dari Dinas Dikbud Bombana.Disamping itu juga sekolah-sekolah imbas melaporkan perkembangannya ke sekolah mitra dan fasilitator kemendikbud melalui suatu aplikasi.” Kata Tahir.

 

Penulis: Tim Kominfos

Editor: Anton Ferdinan