KEMENKES RI, BUKA FORMASI NUSANTARA SEHAT PENUGASAN KHUSUS KAB.BOMBANA

SHARE:
  •  
  • 744
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos.

Kementerian Kesehatan RI membuka formasi Nusantara Sehat penugasan khusus yang akan ditempatkan di Kabupaten Bombana tahun 2018/2019. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana dr. H. Sunandar, MM, Kes. di ruang kerjanya Senin (17/8)

Dijelaskan, program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan itu, bertujuan untuk memperkuat layanan kesehatan primer di Indonesia melalui penempatan tim kesehatan di daerah perifer. “Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes RI. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan” kata Sunandar.

Penguatan pelayanan kesehatan (yankes) primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit secara luas termasuk melalui pendidikan kesehatan, konseling serta screaning (penapisan).

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan dengan berbasis pada tim dan melibatkan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

Program ini (Nusantara Sehat–red) merupakan program lintas Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita, “membangun dari pinggiran”.

Pendekatan yang dilakukan program Nusantara Sehat bersifat lebih menyeluruh (holistik) dan melibatkan anggota tim yang berbeda latar belakang, mulai dari dokter, perawat, serta tenaga kesehatan lainnya. Nusantara Sehat Kemenkes ( Kementerian Kesehatan ) melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan September tahun 2018

Target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas yang berlokasi di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK).Kesulitan yang dihadapi selama ini oleh Puskesmas, khususnya yang berada di DTPK adalah kurangnya tenaga kesehatan sehingga mereka tidak mampu menjalankan fungsi promotif dan preventif. Melalui program Nusantara Sehat, Kemenkes berupaya untuk memperkuat puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut dengan mengirimkan tenaga kesehatan tambahan ke Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Peserta ditetapkan melalui proses seleksi calon berdasarkan resume, tes tertulis dengan esai, wawancara tatap muka, tes psikologi serta Focus Group Discussion (FGD) untuk menilai individu dalam dinamika kelompok. Mereka yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab yang disepakati.

Kemenkes senantiasa mendorong seluruh tenaga kesehatan profesional untuk ikut serta dalam program Nusantara Sehat dengan mendaftarkan diri baik secara online melalui situs resmi Nusantara Sehat atau langsung menemui panitia pendaftaran program yang berada di Kemenkes.

Dr. Sunandar menegaskan, khusus Formasi Nusantara Sehat Penugasan Khusus Kabupaten Bombana Tahun 2018/2019 yang akan disebar ke 22 Puskesmas yaitu. dokter umum, dokter gigi ,perawat, bidan, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan, analis kesehatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan masyarakat.

Bagi warga Kabupaten Bombana atau masyarakat yang berminat untuk mengikuti program ini dapat langsung mengakses ke situs resmi Kementerian Kesehatan R I.
“Untuk informasi persyaratan dan pendaftaran dapat mengakses website kemenkes www.nusantarasehat.kemkes.go.id Telp.021-1500567 , Fax.021-52921669’ ujarnya lagi.

Penulis : Andi Musdalifa, SKM.
Editor : Tim Kominfos.