LAUNCHING INDIHOME DAN ASTINET, PELAYANAN PEMDA BOMBANA BAKAL BERBASIS ONLINE

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kominfos

Bupati Bombana, H Tafdil SE MM bertekad akan mengubah wujud Kabupaten Bombana yakni daerah berbasis digital online. Untuk itu bupati dua periode ini mengatakan disetiap pengurusan pada pemerintahan yang dipimpinya akan menggunakan sistem online.

Keinginan Bupati Bombana ini akhirnya bakal terwujud. Ini terlihat pada 18 Oktober kemarin, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) meluncurkan produk terbaru Indonesia digital home(IndiHome) untuk konsumsi masyarakat dan layanan internet Astinet untuk Pemerintah.

“Dengan peluncuran astinet ini, nantinya ada sebahagian instansi seperti Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Badan Keuangan Daerah (BKD) dan beberapa instansi lainnya akan menggunakan sistem online,” kata Tafdil.

Dijelaskan pula, dengan adanya sistem digital ini setiap masyarakat dapat mengkroscek kepengurusannya dengan pemda dengan menggunakan jaringan internet melalui HP android.

“Misalnya dalam pengurusan izin usaha atau izin lainnya masyarakat bisa mengetahui sudah sejauh mana prospeknya. Seperti kontraktor dalam melakukan pencairan tidak perlu lagi bertemu dengan BKD, ini juga menghindari terjadinya pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Jika hal ini diterapkan, lanjut Tafdil, diharapkan Bombana menjadi salah satu daerah percontohan berbasis online.

“Insya Allah kedepan semua wilayah yang ada di Kabupaten Bombana bisa dijangkau Indihome fiberoptik. Namun untuk tahap awal pelayanan hanya mencakup wilayah Rumbia dan Rumbia Tengah saja,” jelasnya.

General Manager PT Telkom Kendari, Alimuddin mengatakan, untuk wilayah Poleang sudah disurvei dan sudah bisa dilayani. Sementara untuk wilayah Kabaena pihaknya masih akan melakukan survei terlebih dahulu. (tim kominfos)