MAHASISWA ASAL KABAENA JADI LULUSAN TERBAIK DI WISUDA AKN

SHARE:
  •  
  • 6
  •  
  •  
  •  

(Sumber : ZONASULTRA.COM,RUMBIA–)
Seorang mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) asal Desa Balo, Kecamatan Kabaena Timur, Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) Sharif Ahmad (22) berhasil meraih prestasi gemilang sebagai wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0.

Ia diumumkan dalam perhelatan Wisuda yang diikuti 67 orang di aula Kantor Bupati Bombana, Sabtu (27/10/2018) kemarin.

Pemuda kelahiran tanggal 13 Februari 1996 ini telah menjalani aktivitas kuliah jurusan Otomotif di Kampus AKN yang terletak di Desa Lantowua, Kecamatan Rarowatu Utara. Di mana, Kampus tersebut merupakan perguruan Pendidikan di luar Domisili (PDD) cabang universitas Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Kota Makassar.Mahasiswa Asal Kabaena Jadi Lulusan Terbaik di Wisuda AKN

Pemuda yang kerap disapa Sharif ini lahir dari keluarga penuh keterbatasan. Ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Sharif sudah menjadi anak yatim, ayah tercintanya meninggal sejak dirinya masih kecil, ia dilahirkan dari pasangan Tagelu dan Hasna.

Sharif pun tak pantang menyerah meski berbagai rintangan dalam kehidupannya sehari-hari. Bekerja serabutan, inilah yang selalu diandalkan untuk membantu ibu kandungnya hingga bisa bersekolah dan tamat SMA.

Kala itu ia berniat untuk melanjutkan sekolah di luar daerah Sultra. Walaupun dengan segala keterbatasannya, Sharif melirik sebuah perguruan tinggi yang berstatus Negeri dan menjanjikan baginya.

” Awalnya saya berpikir kampus ini abal-abal Tapi setelah saya masuk kuliah, ternyata sangat bagus. Selain gratis, kampus ini pula punya sekitar 16 dosen profesional dan kami sangat puas dengan mekanisme belajar mengajar di sana,” ungkap Sharif di Rumbia, Minggu (28/10/2018).

Selanjutnya, ia pun bergelut di jurusannya program studi Otomotif bagian mesin bidang perbengkelan Mobil. Melalui jurusan ini, Syarif bernomor pokok 14317404, ia terus bersabar mencari uang belanja harian melalui kerja serabutan karena dirinya tak mau mengandalkan orang tua sebagai penopang utama kehidupannya.

Meski hanya mendapat gelar Diploma satu (D-1), alumni SMK Negeri 05 Bombana mengaku hal ini menjadi kebanggaan tersendiri baginya atas ketekunan yang ia telah geluti selama setahun terakhir.

” Syukur Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan hasil maksimal atas dedikasi saya selama ini. Saya bergelut di Prodi Otomotif sejak pertengahan tahun 2077 lalu” kata Sharif peserta wisuda angkatan ke- V itu.

Pemuda cakap ini berniat akan melanjutkan pendidikannya di PNUP kota Makassar, dan terus berkarir demi membanggakan orang tuanya.

” Saya akan lanjutkan pendidikan saya di Makassar. Saya hanya berpesan kepada adik-adik yang mau lanjut, tidak usah jauh-jauh keluar daerah, manfaatkan kesempatan Anda untuk kuliah di AKN Bombana. Ada beribu ilmu di sana yang bisa kita petik dan kita pula dibiayai. Meski belum maksimal fasilitas di dalam tapi ilmu dari tenaga dosen yang ada sangat berkualitas tak kalah dari Universitas lain pada umumnya,” tuturnya.

Staf Akademik kampus AKN Bombana, Sukardin menuturkan bahwa Sharif merupakan salah satu peserta wisuda terbaik dan peraih IPK sempurna dengan capaian 4,0. Selain Sharif, ada beberapa orang temannya dari jurusan lain yang nyaris sempurna.

” Ada dua orang lainnya yang nyaris meraih IPK sempurna. Mereka adalah Muhammad Ikhsan Maulana dari Fakultas Teknologi Kimia Industri dengan IPK 3,90 dan Kasma dari Prodi Akuntansi dengan capaian IPK 3, 86,” ungkap Sukardi. (B)

Reporter : Muhammad Jamil
Editor : Kiki