PELAPORAN KEPENDUDUKAN DAN KB, BOMBANA TERBAIK II SEMESTER I 2018

SHARE:
  •  
  • 26
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos,
Sukses dalam mengelola Pencatatan dan Pelaporan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK) di Kabupaten Bombana, Kinerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana diapresiasi secara positif Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.
Kerja keras itu tentu tak sia-sia, dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional, (HARGANAS) ke- XXV. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan piagam penghargaan kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PP dan KB ) Kabupaten Bombana sebagai Terbaik II Pengelola Pencatatan dan Pelaporan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga secara Online Tahun 2017 dan Semester I Tahun 2018.

Pj. Gubernur bersama para Kepala Dinas PP-KB pada puncak Peringatan HARGANAS XXV di Kendari

Kepada Kominfos, Senin, (6/8) Sekretaris Dinas PP dan KB Kab. Bombana Alamsyah Naim, STP. Menuturkan, Penghargaan sebagai terbaik II diserahkan langsung Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd. pada puncak peringatan Harganas di Kendari, Sabtu (4/8) lalu.
Mengutip harapan Gubernur Sultra seperti diungkapkan Alamsyah, bahwa Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) memiliki tujuan yang strategis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung-kampung.

“Tujuan Pencanangan Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung-kampung melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas”, Ini salah satu penekanan Gubernur Sultra Teguh Setyabudi Kata Alamsyah.

Sekretaris Dinas PP & KB Kabupaten Bombana ini, tak lupa menekankan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih selama ini, pihaknya meminta kepada seluruh Penyuluh Kampung Keluarga Berencana dan Pengendalian Kependudukan yang bertugas di Kecamatan untuk terus meningkatkan koordinasi dan pendekatan tokoh-tokoh formal dalam melaksanakan kegiatan di lapangan.

“Kami menghimbau kepada seluruh petugas penyuluh kampung KB yang ada di lapangan untuk meningkatkan koordinasi dan pendekatan kepada masyarakat guna mempromosikan alat kontrasepsi serta bermitra dengan UPTD Dinas Kesehatan dalam melakukan pelayanan KB.” Ujarnya.
Menurut Data Kominfos, kurun waktu satu tahun terakhir pihak Dinas PP & KB Kabupaten Bombana telah menetapkan 1 kampung KB masing-masing di 22 kecamatan, kampung-kampung Keluarga Berencana yang akan menjadi pionir dalam upaya pengendalian penduduk di Kabupaten Bombana itu, nantinya menjadi contoh untuk desa-desa lainnya.

Hasanuddin, S.IP. koordinator Penyuluh Kampung Keluarga Berencana dan Pengendalian Kependudukan (KKBPK) Kecamatan Poleang Barat dihubungi terpisah melalui jaringan selulernya Selasa (7/8) mengungkapkan untuk terus meningkatkan pengendalian penduduk yang dilakukan di kampung KB pihaknya melakukan penyuluhan Tri Bina.

“Pendekatan yang kami lakukan di kampung KB khususnya di Desa Pabbiring Kec. Poleang Barat kami lakukan Tri Bina, yaitu BKB (Bina Keluarga Balita) BKR (Bina Keluarga Remaja) dan BKL (Bina Keluarga Lansia) dengan senantiasa berkoordinasi dan narasumbernya berasal dari kabupaten” Kata Hasanuddin.

Penulis: Nasriadi
Editor : Anton Ferdinan