PEMDA BOMBANA, FASILITASI PENGOBATAN HAJRAH L.JOHAN

SHARE:
  •  
  • 57
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos.

Sejumlah prestasi yang pernah ditorehkan seorang atlit yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesa dimanca negara, membuat banyak pihak turut berempati terhadap kondisi yang menimpa Hajra Luchan Johan (29) yang kini sedang terbaring lemah karena penyakit yang dideritanya.

Bupati Bombana H.Tafdil, SE.MM., mengetahui kondisi Hajrah dari sosial media dan dikonfirmasi sejumlah awak media langsung mengintruksikan pejabat teknis di Dinas Kesehatan Bombana untuk melakukan segala persiapan pengobatan mantan atlit kelahiran Pulau Kabaena itu.

“ Insya Allah, untuk Hajrah kami berikan yang terbaik. Ia merupakan atlet terbaik kita di Bombana. Jadi semua biaya perawatan Hajra akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Bombana. Pihak Keluarga Hajrah cukup datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana. Dan kami akan memberikan pengobatan yang paten berkualitas sesuai standar WHO” Kata Bupati.

Lanjut Bupati dua periode ini, Seperti dilansir Zonasultra.com. Pemda Bombana sudah menyiapkan dokter ahli yang akan bertugas merawat Hajrah. “Kita sudah siapkan dokter spesialis di rumah sakit yang akan merawat Hajrah” ujarnya lagi.

Sebagai bentuk keseriusan Pemda Bombana, “Pihak keluarga diberikan dua pilihan, apakah memilih perawatan intensif di rumah dengan kontrol dokter serta asupan makanan dan obat yang berkualitas atau harus ke RSUD bersama keluarga yang bersedia menjaganya hingga benar-benar pulih kesehatnnya. Itu tergantung dari pihak keluarga,” kata bupati.

Hajra Luchan Johan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Letnan (Purn) Johan dan Rostia pada 19 Desember 1988. Sejak kanak-kanak ia telah memiliki bakat olah raga atletik dan terbukti selalu mewakili sekolahnya dalam setiap turnamen di acara-cara peringatan HUT Kemerdekaan R.I. khususnya pada cabang olah raga lomba lari.

Dr. Sunandar Kadis Kesehatan Kabupaten Bombana yang dihubungi terpisah Kominfos, menuturkan pihaknya akan memberikan fasilitas perawatan sesuai yang dibutuhkan Hajrah, “Kami akan menfasilitasi terkait perawatan yang dibutuhkan Hajra.Dokter ahli yang bertugas di RSUD Kabupaten Bombana siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena ini merupakan bagian dari implementasi visi-misi Bupati Bombana dalam Program Gembira Sehat.” Ujarnya ditengah-tengah pencanangan Kampanye Vaksin Campak Rubella di Poleang Barat (1/8) lalu.

Informasi yang dihimpun Kominfos, Kondisi Hajra saat ini sedang dalam perawatan intensif dokter di Puskesmas Kabaena, dan rencanananya besok sabtu (4/8) Hajrah sudah akan mendapatkan perawatan di RSUD Kabupaten Bombana.Pemda Bombana telah menyiapkan dokter ahli yang bertugas di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) ini.
Mengutip Zonasultra kom, Kamis (2/8/2018) “Hajrah menderita tiga penyakit sekaligus. Kencing manis, TBC dan kekurangan gizi. Ditambah lagi dengan penyakit tuna netra yang dialaminya, sehingga ia terbaring di kediamannya dan mengalami pengecilan otot (athropi)” jelas Sunandar kepada awak media.

“Kami berterima kasih atas perhatian Pemda Bombana melalui Dinas Kesehatan, karena besok Hajrah sudah akan mendapatkan perawatan di RSUD Bombana” kata Sukaji Ramang kepada Kominfos, yang menggalang dana social untuk membantu pengobatan mantan atlit yang pernah mengharumkan nama Indonesia ini.

Prestasi yang pernah diukir Hajrah L. Johan seperti dikutip dilaman media sosial Jumrad Raunde, tercatat Juara 1 Lempar Cakram Porcanas di Kalimantan Timur Tahun 2008, Juara 1 Tolak Peluru, Porcanas di Kalimantan Timur tahun 2008, Juara 1 Lari 100 M. Porcanas di Kalimantan Timur 2008.

Kemudian Juara 2 Asean Paralimpic Games Lari 200 Meter di Solo tahun 2011, Juara 3 Asean Paralimpic Games lari 400 Meter di Solo tahun 2011. Lalu Juara 2 lari 200 meter Peparnas di Riau tahun 2012., Juara 2 Lari Estafet Asean Paralimpic Games di Singapura Tahun 2015.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bombana, Janariah, S,Sos, dihubungi terpisah Kominfos. menuturkan “Dengan berbagai prestasi yang pernah ditorehkan Hajrah tentu mengetuk pintu hati kita semua untuk mendoakan kesembuhan dan meringankan untuk membantu keluarga untuk perawatan mantan atlit yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di Manca Negara” ujarnya.

Penulis: Tim Kominfos
Editor :Anton Ferdinan