Pemkab Bombana Umumkan 457 Mahasiswa Penerima Beasiswa Gembira Cerdas

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumnia, (Sumber:ZONASULTRA.COM–) Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan penerima beasiswa pendidikan dari program Gembira Cerdas sebanyak 457 orang. Jumlah mahasiswa tersebut direkrut dari 41 perguruan tinggi yang tersebar di Idonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bombana, Abdul Rauf Abidin menyampaikan seluruh mahasiwa yang menerima bantuan tersebut telah dinyatakan layak.

“Total penerima beasiswa dari program Gembira cerdas di Bombana telah kami sepakati sebanyak 457 orang. Lulusnya berkas para penerima ini telah beberapa kali dilakukan penyaringan hingga disalurkan,” kata Abdul Rauf di Rumbia, Rabu (5/12/2018).

Lanjutnya, para penerima beasiswa disiapkan senilai Rp 3 juta per semester dan mulai ditetapkan di semester genap tahun 2018.

Abdul Rauf mengungkapkan bahwa sebelumnya, jumlah pendaftar mencapai 700 orang. Namun, pihaknya terus melakukan sinkronisasi data melalui verifikasi lapangan dengan melihat kondisi ekonomi calon penerima dan hasil rekomendasi dari pihak kampus. Setelah itu, pihaknya kembali menyaring atas hasil peninjauan itu hingga menyisakan 482 orang pada pertengahan November 2018 lalu.

Data tersebut pula berubah pasca penyaringan dengan menggugurkan 8,6 persen atau 25 orang mahasiswa dari jumlah awal. Salah satu penyebabnya adalah adanya beberapa data IPK mahasiswa yang terindikasi memanipulasi data IPK termasuk masih adanya mahasiswa yang berstatus mampu secara ekonomi.

“Mulanya, semua penerima telah kami tetapkan sebanyak 482 kemarin, kendati kami menemukan bebetapa Mahasiswa yang berlatar belakang mampu karena orang tuanya menyandang status PNS, makanya dicoret” ungkapnya.

Ia berharap, seluruh mahasiswa penerima beasiswa memanfaatkan dengan baik beasiswa yang diberikan pemerintah. Begitupula dengan tetap mempertahankan prestasi dan tidak cuti agar bantuan tersebut terus berkesinambungan.

Secara teknis, Kasubag Penyelenggaraan tugas pembantuan Dikbud Bombana, Ahmad Suyuti menjelaskan bahwa total penerima beasiswa untuk mahasiswa asal Bombana itu direkrut dari 41 kampus di Indonesia.

“Untuk wilayah Sultra meluluskan 417 orang mahasiswa yang tersebar pada 18 perguruan tinggi. Sementara untuk wilayah Sulawesi Selatan terdiri dari 34 penerima dari 17 perguruan tinggi dan wilayah luar Sulawesi pun meluluskan 6 orang dari enam perguruan tinggi dan untuk informasi lebih lengkapnya, selahkan buka situs http://bombanakab.go.id,” tutupnya. (B)

Kontributor: Muhamad Jamil
Editor : Tahir Ose