Melalui Penyuluhan, Pengentasan Kemiskinan Menjadi Sasaran Utama Pemerintah

Melalui Penyuluhan, Pengentasan Kemiskinan Menjadi Sasaran Utama Pemerintah

Kominfo, Kec. Tontonunu - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Sosial mengadakan Penyuluhan di Desa Tongkoseng, Kecamatan Tontonunu, Kabupaten Bombana, dalam rangka pengentasan kemiskinan yang menjadi sasaran utama pemerintah khususnya Masyarakat Desa Tongkoseng dan Pada Umumnya Masyarakat Kecamatan Tontonunu yang mayoritas Petani. Kamis, 5/3/2020

Dalam pengentasan kemiskinan Masyarakat yang belum sejahtera menjadi sasaran utama pemerintah pusat, untuk memberikan Bantuan sehingga mereka bisa Mengembangkan potensi yang ada untuk kesejahteraan keluarga.

Pembangunan melalui anggaran Dana Desa/ADD sasaran utamanya adalah Pengetasan kemiskinan yang meliputi  Dana Gembira Kecamatan, Gembira Terang, Gembira Cerdas.

"Program inilah yang menjadi penyongsong dalam mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di kab. Bombana,"Ungkap Camat Tontonunu Muhulifu, saat membuka Kegiatan Penyuluhan Sosial (5/3) di Kantor Desa Tongkoseng.

Hal yang sama diungkapkan Sekretaaris Dinas Sosial kabupaten Bombana Ir. Jasmin dalam sambutannya menyampaikan, Sumber daya manusia (SDM) harus mampu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) atau potensi yang ada. Sebagi contoh Sektor pertanian sangat bagus didukung, karena mempunyai struktur tanah yang subur dan tanaman Tumbuh dengan baik.

seharusnya "kata Jasmin, ini salah satu cara untuk menumbuhkan kelompok Tani, dan harus ditumbuh kembangkan melalui SDM dan SDA yang merupakan salah satu syarat untuk dimohonkan Batuan Pertanian.

Lanjut Sekdis, dengan adanya kelompok bisa menyelesaikan persoalan Kemiskinan karena dengan kelompok merupakan wahana untuk belajar bertani dan kerjasama Petani terutama unit produksi. "ia mencontohkan Desa Tongkoseng Dua tahun terkhir dalam mengembangkan Tanaman Tomat dan hasilnya sangat menjanjikan.

Pada kesempatan yang sama  sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sultra Hj.Andi Ibitkri Abbas, “kehadiran kami di Tongkoseng bukan memberikan bantuan tetapi bersilaturahmi dalam pengentasan kemiskinan, kami berharap bersilaturahmi ini agar bisa membantu kami melaksankan program dalam pengentasan kemiskinan.

Abbas menuturkan, “pengentasan kemiskinan tahun ini pemerintah Kabupaten Bombana menyiapkan dana untuk memperbaiki Data agar masyarakat yang dikategorikan   miskin mendapatkan bantuan melalui program PKH, kemudian Ibu Hamil, Lansia, Disibilitas dan Anak sekolah, serta Keluarga Miskin yang meninggal akan disantuni dan disiapkan anggaranya."tutupnya

Penulis : Husain
Editor : Tim Kominfo

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda