Gelar Road Show, Camat Kabaena Tegaskan Warga Tetap di Rumah Selama 14 Hari

Gelar Road Show, Camat Kabaena Tegaskan Warga Tetap di Rumah Selama 14 Hari

Kominfo, Kabaena - Sekali mendayung satu dua pulau terlampaui, pepatah itu yang di lakukan oleh kecamatan Kabaena, buktinya instansi yang di pimpin mantan komisioner KPUD Bombana itu, Agus Salam melakukan Road Show Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau Covid 19 Dan Penyemprotan Disinfektan, Selasa, 24/3

Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMKA) pihaknya dan Polsek, Danramil 1413-05, Kepala Puskesmas Kepala UPTD KB Kecamatan Kabaena menghimbau masyarakat Kabaena agar masyarakat tetap berkatifitas di dalam rumah, keluar rumah hanya untuk keperluan penting.

Tidak keluar daerah sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Membuat tempat cuci tangan di depan rumah dengam sabun dan air mengalir, biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum masuk kedalam rumah. Pakaian yang digunakan dari luar harus segera diganti dan dicuci. Menjaga daya tahan tubuh, makan teratur dan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Lebih lanjut ia katakan, Jika salah satu ada warga yang batuk gunakan lengan siku untuk menutup mulut dan siku, biasakan untuk tidak meludah disembarang tempat, gunakan masker untuk berinteraksi dengan orang lain dan hindari tempat-tempat keramaian.

Tidak cuma itu saja Agus sapaan akrabnya mengatakan bagi masyarakat yang pernah melakukan perjalanan dari daerah/kota yang terpapar Virus Corona dianjurkan untuk tetap dirumah (sampai 14 hari) sambil Laporkan diri anda dengan menyertakan nama, umur, alamat, nomor hp dan asal daerah/kota kepada Kepala Lingkungan/Kepala Desa/Lurah melalui telepon atau anggota keluarga. Dapat pula melaui sms/wa ke 08114038625, terapkan PHBS. Menjaga daya tahan tubuh. Biasakan menggunakan masker.Jaga jarak minimal 1 meter dengan anggota keluarga di rumah. Hindari pemakaian bersama alat makan, mandi dan tempat tidur. Berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi selama 15 - 30 menit. Jika ada keluhan demam/batuk/pilek maka tetap di rumah untuk mencegah penularan ke orang lain. Lakukan konsultasi via telepon kepada petugas kesehatan terdekat bila batuk berlanjut gejala demam tinggi, batuk pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Ini bersifat instruksi dan perintah yang harus di lakukan oleh semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri, demi keamanan kita sendiri,"kata Agus

Untuk di ketahui road show yang dilakukan dari depan Kantor Kecamatan Kabaena dan kemudian dilanjutkan di sepanjang jalan poros Kelurahan Teomokole dan Kelurahan Rahampuu kemudian balik lagi dan berakhir di Lingkungan Rarontole Kelurahan Teomokole.

Adapun sasaran penyemprotan Disinfektan dilaksanakan yaitu Masjid Kelurahan Al-Akbar Teomokole, Masjid Fastabiqul Khaerat Kelurahan Rahampuu dan Masjid Al-Amin Lingkungan Rarontole Kelurahan Teomokole."penyemprotan ini kami lakukan dulu di tempat ibadah selanjutnya nanti di lakukan di rumah warga,"tutupnya

Penulis : Andi Patawari

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda