PILKADES SERENTAK 12 DESA DI BOMBANA, DIGELAR 18 NOVEMBER 2018

SHARE:
  •  
  • 82
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos

Jika tak ada aral melintang, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 12 desa akan berlangsung pada tanggal 18 November 2018. Kepastian itu terungkap dalam rapat pemantapan bersama unsur Muspida dan Pemerintah Kabupaten Bombana di Ruang Rapat Kantor Bupati (28/8).

Sejumlah petinggi dari Forum Komumunikasi Pimpinan Daerah turut hadir yakni pihak Kejaksaan Negeri Bombana, mewakili Kapolres Bombana AKP La Ode Agus, S.IP. Kabag Ops Polres Bombana, serta seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kabupaten Bombana.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana H. Burhanuddin.A.HS.Noy, mengharapkan kepada panitia kegiatan dalam pelasanaan pilkades untuk selalu menjaga toleransi antar sesama.
“Saya minta panitia untuk selalu waspada dan menjaga tolerasi sesama warga di desa, dan pastikan warga desa yang memenuhi syarat terdaftar sebagai pemilih. Ingat, 12 desa yang akan melangsungkan pilkades tentu situasi dan kondisi akan lebih dinamis, Kondisi masyarakatnya juga berbeda-beda karakternya karena itu jaga toleransi dan hindari hal-hal yang dapat memicu konflik misalanya tidak terdaftarnya warga desa sebagai pemilih” Kata Sekda.

Para peserta rapat pemantapan Pemilihan Kepala Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Hasdin Ratta yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten (PPTK) memaparkan, tahapan pemilihan kepala desa di Kabupaten Bombana sudah sementara berjalan. Dijadwalkan tanggal 18 November 2018. Karena itu banyak hal yang harus dilaksanakan dalam tahapan-tahapan pilkades itu sendiri.

“Tahapan pembentukan panitia pilkades sudah berjalan dari tanggal 20 s.d. 28 Agustus 2018. Pendaftaran calon kepala desa mulai 20 s.d. 28 Sepetember 2018, verifikasi berkas calon kepala desa tanggal 29 September s.d. 5 Oktober 2018, Perbaikan syarat admisnistrasi 8 s.d. 11 Oktober 2018, penetapan calon kepala desa tanggal 23 Oktober 2018 Dan pemilihan calon kepala desa dipastikan tanggal 18 November 2018 sudah berlangsung,” Kata Hasdin.

Menurut Data Kominfos, 12 desa yang akan mengikuti pilkades serentak tahap 2 meliputi (1) Desa Leboea Kecamatan Poleang Tengah, (2) Desa Lantawonua Kecamatan Rumbia,(3) Desa Tembe Kecamatan Rarowatu Utara, (4) Desa Biru Kecamatan Poleang Timur, (5) Desa Tahi Ite Kecamatan Rarowatu, (6) Desa Pongkalaero Kecamatan Kabaena Selatan, (7) Desa Enano Kecamatan Kabaena Tengah, (8) Desa Puuwaea Kecamatan Mataoleo, (9) Desa Rambaha Kecamatan Poleang Tenggara, (10) Desa Larete Kecamatan Poleang Tenggara (11) Desa Matabundu Kecamatan Poleang Barat, dan (12) Desa Analere Kecamatan Poleang Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kominfo, pihak panitia pilkades tingkat Kabupaten Bombana akan melakukan sosialisasi pada hari Kamis, 30 Agustus 2018 di wilayah- wilayah yang akan menggelar pilkades serentak meliputi: Rumbia, Poleang dan Kabaena dengan menghadirkan Camat, Kepala Desa dan BPD serta 10 orang perwakilan masyarakat di desa yang akan menggelar pilkades serentak.

Penulis: Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan