Rp.1,5 M UNTUK BEASISWA GEMBIRA CERDAS BOMBANA

SHARE:
  •  
  • 258
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kominfos (2/7)
Komitmen Pemerintah Kabupaten Bombana dibawah kendali Bupati Bombana H.Tafdil, untuk memajukan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia di daerah Bombana terus digalakkan.

Tidak tanggung-tanggung Pemda Bombana mengalokasikan anggaran Rp. 1,5 M. Untuk Program kegiatan Beasiswa Gembira Cerdas tahun 2018. Hal itu diungkapkan Abd. Rauf Abidin, S.Pd. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana ketika ditemui diruang kerjanya (senin, 2 Juli 2018)
Kepada Kominfos Bombana Rauf Abidin mengungkapkan, untuk tahun 2018 ini ada dua program bantuan yang bisa digunakan anak-anak bangsa dari Kabupaten Bombana untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, yakni Program Bidik Misi Gembira dan Program Beasiswa Gembira yang khusus untuk Beasiswa Gembira Cerdas nominal anggaran yang disiapkan senilai Rp.1, 5 M. Dengan kuota sebanyak 500 orang mahasiswa.

Sementara itu, untuk program Bidik Misi Gembira kuota untuk tahun 2018 sejumlah 100 orang yang akan dikirim untuk melanjutkan pendidikan dan belajar di 6 perguruan tinggi pada 17 program studi, yang diperuntukkan untuk siswa yang baru lulus tahun ini.

Kadis Dikbud Bombana mengharapkan agar bantuan beasiswa ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh anak-anak negeri terutama mereka yang memasuki tahap penyelesaian studi. Kata Rauf Abidin,besaran bantuan beasiswa Gembira Cerdas Rp. 3 juta / mahasiswa pertahun. Sementara itu untuk Program Bidikmisi Gembira Cerdas sebesar Rp. 6 Juta / mahasiswa pertahun.

Abd. Rauf Abidin menguraikan, syarat untuk mendapatkan Beasiswa Gembira cerdas terbilang tidak menyulitkan karena syarat-syaratnya juga bisa dipenuhi dengan salah satu syarat memiliki IPK, 3.0. dan sedang tidak menerima beasiswa dari perguruan tinggi maupun dari sponsor lain.

Senada dengan itu, Hj. Dahniar Ismail, SE.,M.Si. Koordinator Tim Verifikasi Berkas Program Bidikmisi Gembira Cerdas dan Beasiswa Gembira Cerdas Kabupaten Bombana. Mengungkapkan mahasiswa yang lolos Verifikasi dan telah menerima bantuan beasiswa gembira cerdas, bisa saja beasiswa yang diterima dihentikan ditahun-tahun mendatang apabila tidak memenuhi syarat lagi, “ jadi bantuan beasiswa gembira cerdas yang diberikan bisa saja kami putuskan meskipun mereka telah lolos Verifikasi karena setelah dievaluasi sudah tidak memenuhi syarat lagi” Ujarnya.

Untuk menjangkau penyebaran secara luas terkait program gembira cerdas Pemerintah Kabupaten Bombana, Kata Dahniar, sapaan akrab Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisai ketingkat masyarakat yang melibatkan kepala desa, kepala sekolah dan tokoh-tokoh masyarakat.

Ketika ditanya, batas akhir pemasukan berkas untuk diseleksi masih terbuka sampai perkuliahan di perguruan tinggi dimulai. Dan sampai hari ini sudah masuk 363 berkas yang akan diverifikasi per 2 Juli 2018.

Salah satu peserta Program Beasiswa Gembira Cerdas Jeri Alvenosa (19) ketika ditemui di ruang Koordinator Tim Penerima Verifikasi Program Bidikmisi Gembira Cerdas dan Beasiswa Gembira Cerdas Kabupaten Bombana, mengaku salut dengan program Pemerintah Kabupaten Bombana, Kata Mahasiswa semester 4 pada Jurusan Matematika ini, dengan Beasiswa yang akan diberikan akan sangat membantu mengurangi dan mengatasi kesulitan ekonomi dalam mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. “ Kami sangat berterima kasih dengan program ini karena akan membantu mengurangi kesulitan ekonomi kami yang sedang kuliah di perguruan tinggi” Kata Jeri.
Penulis(Diskominfos/ Anton Ferdinan)