RSUD BOMBANA TANDA TANGAN MOU DENGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNHALU

SHARE:
  •  
  • 50
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos
Terobosan yang dilakukan drg. Riswanto Kepala Rumah Sukit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana patut diacungi jempol. Untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan di Rumah Sakit Plat merah di Bombana, kerja sama-demi kerjasama terus dijalin dengan pihak perguruan tinggi di daerah ini.
Belum lama ini tepatnya Minggu, 30 September 2018, RSUD Kabupaten Bombana melakukan MOU dengan Fakultas Kedokteran Universitas Haluoleo Kendari. Kerja sama ini terbilang istimewa dan menjadi kado pada Dies Natalis Fakultas Kedokteran yang ke-VII.
Dalam MOU yang dikerjasamakan itu, penyelenggaraan, penyediaan, pengelolaan dan pemberdayaan sumber daya yang terdiri dari sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta fasilitas lain secara terencana, terintegrasi, transparan, akuntabel, efektifitas dan efisien untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan pendidikan kedokteran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana.
Kepada Kominfos, Riswanto menuturkan penandatanganan kerjasama dalam layanan kesehatan ini sebagai tindak lanjut dalam implementasi visi-misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Bombana dibawah kendali Bupati Bombana Tafdil dan Wakil Bupati Bombana Johan Salim dengan Program Gembira Sehat.
Seremoni penandatanganan itu berlangsung di pelataran Fakultas Kedokteran Unhalu yang dihadiri Rektor Universitas Haluoleo Prof. Dr. Muhammad Zamrun F.S.Si,M.Si,M.Sc. Dekan Fakultas Kedokteran Unhalu Dr dr. Juminten, S.POG.(k) perwakilan pemerintah daerah kabupaten/kota meliputi, Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Muna.
Diharapkan setelah penandatanganan kerjasama ini, tidak ada lagi mahasiswa kedokteran (koas) yang mengantri atau menunggu untuk menyelesaikan tugas akhir kuliahnya dan tanggung jawabnya dalam menyelesaikan studi sesuai disiplin ilmu mereka, karena sejumlah rumah sakit di daerah kabupaten dan kota sudah siap untuk menerima sesuai kontrak kerjasama yang telah disepakati.
Ditemui kominfos, disela-sela upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila (1/10) lalu, drg.Riswanto menuturkan, program kerjasama yang ditandatangani antara Pemda Bombana dengan Pihak Universitas Haluoleo (UHO) akan berlangsung selama 5 (lima) tahun dan akan dievaluasi secara berkala, sehingga kita harapkan bantuan tenaga medis yang akan ditugaskan untuk melayani masyarakat Bombana betul-betul dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah.
“Mahasiswa kedokteran (koas) yang nantinya bertugas di Bombana tetap dalam bimbingan dan didampingi oleh dokter pembimbing dari UHO, Jadi mereka (dokter koas- red) tidak diperbolehkan melakukan diagnosa ataupun tindakan medis lainnya tanpa petunjuk pendampingan dari dokter pembimbing” kata Riswanto.
“Masyarakat, maupun pasien yang ditangani nantinya tidak perlu khawatir, karena segala tindakan medis yang akan dilakukan tetap dalam pengawasan dokter pembimbing. Dalam penanganan lebih lanjut tetap dilaksanakan oleh dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bombana.” Ujarnya lagi.
Mengakhiri perbincangannya dengan Kominfos, dokter gigi yang murah senyum ini, menyampaikan bahwa mahasiswa kedokteran (koas) Unhalu yang ditugaskan di Bombana nantinya akan dibuatkan jadwal dengan shift-shift jaga, shingga dipastikan tenaga mereka dapat digunakan secara maksimal untuk membantu melayani masyarakat Bombana.
Penulis: Tim Kominfos
Editor: Anton Ferdinan