Sambutan Bupati Bombana Pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H

SHARE:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

SAMBUTAN BUPATI BOMBANA IDUL FITRI 1439 H/ 2018

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اللهُ اَكْبَرْ .. اللهُ اَكْبَرْ.. اللهُ اَكْبَرْ.. وَ للهِ اْلحَمْدُ

إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يَهْدِه الله فَلا مُضِلَّ لَهُ، ومن يُضْلِلْ، فَلا هَادِي لَهُ
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه

Hadirin jamaah sholat idul fitri yang saya cintai, bapak-bapak, ibu-ibu, anak anak yang berbahagia.

Alhamdulillah pagi ini kita bisa hadir di tempat yang penuh berkah ini dalam keadaan sehat wal’afiat, setelah sebulan penuh kita berpuasa. hari ini kita sempurnakan puasa dengan idul fitri, saling silaturahmi, mendekatkan jarak fisik, hati dan pikiran kita semua. Semoga yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin dekat. Kita semua percaya bahwa dengan keikhlasan, ketulusan dan saling menyayangi maka jarak batin diantara kita, sesama saudara, sesama tetangga, sesama warga bombana akan semakin dekat.
Saling benci, saling marah dan saling curiga hanya akan menjauhkan kita semua.

Bapak ibu hadirin yang saya cintai

Sebagai sesama warga bombana kita semua disatukan oleh cita cita bersama yaitu Mewujudkan Bombana Sejahtera. kita semua menyadari bahwa cita cita tersebut tidak akan datang dengan sendirinya, cita cita itu harus kita hadirkan menjadi nyata. tanpa usaha bersama dan kerja keras tidaklah mungkin cita cita itu dapat diwujudkan baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten. hampir setiap hari sesudah sholat lima waktu kita semua berdoa : “Allahumma antassalam, waminkassalam, wailaika ya’udussalam, fakhaiyyina robbana bissalam, waadkhilnaljannata darossalam, tabarokta robbana wata’alaita yadzaljalali wal ikrom’ artinya Ya Allah, Engkau adalah keselamatan dan dariMulah keselamatan dan kepadaMulah kembalinya keselamatan maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan keselamatan dan masukkanlah kami ke dalam surga tempat yang damai. Maha Suci Engkau dan Maha Tinggi Wahai Tuhan kami Yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan.

1

Lewat do’a ini kita bukan hanya memohon kepada Allah, tapi juga sekaligus bertekad dengan segala usaha agar kita diberi keselamatan berlayar menuju cita cita pulau harapan yaitu bombana sejahtera. Untuk inilah selain mensyukuri atas semua anugerah
kemajuan yang kita capai bersama sama, maka kita juga harus terus fokus menutupi kekurangan, menyelesaikan setiap masalah yang muncul silih berganti.

اللهُ اَكْبَرْ .. اللهُ اَكْبَرْ.. اللهُ اَكْبَرْ.. وَ للهِ اْلحَمْدُ
Hadirin yang dimuliakan Allah Dalam kesempatan ini ijinkanlah saya menyampaikan dua pesan :
1. Sebentar lagi pada tanggal 27 juni 2018 kita semua akan melaksanakan pemilukada untuk memilih gubernur sulawesi tenggara beserta wakilnya. Saya berpesan agar kita semua menggunakan kesempatan sebaik baiknya untuk memilih pemimpin Sulawesi Tenggara. Jangan sia siakan kesempatan yang baik ini. Masa depan Sulawesi Tenggara ada di tangan bapak ibu semua dan disamping itu hal yang tidak kalah pentingnya juga mari kita jaga kondisi damai dan kondusif di masing-masing lingkungan. Perbedaan pilihan dalam pilgub 2018 ini jangan dibuat menjadi tidak wajar dan kurang baik dan akhirnya gontok-gontokan, perbaikilah dengan semangat persaudaraan,jauhkan kebencian dan kedengkian, juga suuuzon terhadap sesama. Kita adalah keluarga besar, yaitu keluarga bombana.
2. Dalam rangka mengentaskan kemiskinan di bombana saya berpesan agar semua pihak berinisiatif mensukseskan validasi data miskin 2018 yang sementara berjalan lakukan validasi dengan teliti, benar dan jujur, kita tidak boleh merasa bangga menjadi orang miskin jika kita sudah tidak miskin demikian pula jika benar-benar miskin jangan malu untuk mengaku miskin dsinilah program taskin 2017 – 2022 akan benar-benar dapat bermanfaat dan tepat sasaran. Menurut data BPS masyarakat kita banyak tergolong miskin karena rumah, sanitasi dan penerangan dengan hadirnya program Baruga Moico yang akan membangun rumah sebanyak k.l. 5.000 unit dalam waktu lima tahun akan menyelesaikan persoalan rumah dan sanitasi, program Gembira Terang sebanyak 3.000 sambungan rumah akan menyelesaikan persoalan penerangan. Untuk meningkatkan kesejahteraan mari kita manfaatkan secara optimal lahan tidur kita untuk meningkatkan hasil sumber daya alam terkhusus bidang pertanian dan kelautan, sekarang ini bukan luas lahan yang dikejar tetapi produktivitas hasil yang menjadi prioritas utama, dinas pertanian dan perikanan selalu siap untuk mengawal program peningkatan produktivitas petani dan nelayan bombana. Pertanian dan perikanan harus terus tumbuh namun sekali lagi harus kita sadari bahwa hal itu belum cukup mengangkat derajat hidup seluruh rakyat bombana. Insya Allah jika sesuai rencana pabrik gula di Kecamatan Lantari Jaya akan beroperasi bulan april 2019 hadirnya pabrik ini tentu memberi harapan besar bagi terserapnya ribuan tenaga kerja dan munculnya kegiatan ekonomi penunjang yang akan memberi manfaat dalam mengangkat derajat hidup sebagian besar rakyat bombana.

اللهُ اَكْبَرْ .. اللهُ اَكْبَرْ.. اللهُ اَكْبَرْ.. وَ للهِ اْلحَمْدُ
Hadirin yang dimuliakan Allah SWT.

Tidak terasa sudah hampir setahun diperiode kedua ini kami bertekad untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat ini ditandai dengan perbaikan layanan publik yaitu perijinan yang sudah menggunakan e-tracking, pengurusan dokumen kependudukan yang semakin cepat, pelayanan kesehatan dengan puskesmas dan RS terakreditasi, pelayanan pendidikan yang memberi kesempatan beasiswa kepada 600 mahasiswa, tentu hal ini menjadi tugas kita semua untuk mengawasi pelaksanaannya agar tepat sasaran. Pemda sudah membuat sistem pengaduan lewat Sekertariat Saber Pungli dan Online Pengaduan lewat website pemda bombana yang memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengawasi kinerja pemerintahan terkhusus terkait pungutan liar (PUNGLI) yang berpotensi terjadi dalam pelayanan pemerintahan. prinsip kami silahkan mengadu lewat sistem Insya Allah akan kami tindak lanjuti segera.

Terakhir saya mengutip kata bijak
“jika kita tidak dapat melakukan hal yang besar, maka lakukanlah hal kecil yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan. jika kita tidak dapat memberi manfaat janganlah merusak atau mengganggu pihak lain”. saya sebagai bupati bersama wakil bupati dan atas nama pribadi serta keluarga jika dalam melaksanakan kepemimpinan selama setahun ini terdapat kesalahan dan kehilafan baik yang disengaja maupun tidak untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin dan Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, semoga Allah selalu meridhoi langkah kita semua. Amin.

Sekian dan Terima Kasih

وبالله التوفق والهدية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bombana, 15 juni 2018

H. Tafdil