TINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN , 40 PENYULUH DILATIH

SHARE:
  •  
  • 12
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos

Pentingnya dukungan sumber daya manusia untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Bombana menggelar pelatihan bagi penyuluh pertanian se-Kabupaten Bombana.

Dalam kegiatan tersebut Kamis,(30/8) bertempat di Hotel Istana Kelurahan Poea Kec. Rumbia Tengah, mengundang salah satu pematerinya dari Kementrian Pertanian Bidang Penyuluhan Ruslia Atmaja SP, yang membawakan materi tentang Peningkatan Kinerja Mutu Penyuluh.

Mewakili Kadis Pertanian Kabupaten Bombana, Muhammad Siarah mengungkapkan tujuan diadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya penyuluh pertanian yang bertugas dilapangan agar target capaian program bidang pertanian bisa terwujud.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ruslia Atmaja, S.P. dari Kementerian Pertanian Bidang Penyuluhan, Setya Ningsih Mangidi, S.TP.,M.AP. Kepala Bidang penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara, Suharno, MS. Dari Badan Pengkajian Teknologi Pertnaian (BPTP) Kendari dan Muhammad Siarah, M.Si. Sekeretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bombana.

Kata Siarah, sebanyak 40 penyuluh yang mengikuti pelatihan tersebar di 22 kecamatan perlu terus meningkatkan kinerja dan sumber daya yang dimiliki dalam upaya meningkatkan produksi pertanian. Karena saat ini, paradigma penyuluh mengalami pergeseran, jika dahulu penyuluh pertanian sebagai sumber informasi pertanian yang utama, sekarang sumber informasi pertanian sudah mudah didapatkan masyarakat melalui media online.
“Penyuluh diharuskan meningkatkan kemampuan ilmu dan keterampilan dalam hal teknologi pertanian. Kalau tidak ditingkatkan jangan sampai petani lebih pintar daripada penyuluh” ujarnya. Dan tentu harus bekerja sesuai tupoksi sebagai upaya menunjang tercapainya swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, Ujarnya lagi.

Penulis : Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan