38 ORANG SISWA SMA GAGAL LULUS UAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA-Sedikitnya terdapat 38 siswa SMA sederajat di Kabupaten Bombana dinyatakan tidak lulus dalam pengumuman Ujian Akhir Nasional (UAN) jumat kemarin. Separuhnya, berasal dari sekolah, yang April lalu, terlambat mendapat soal UAN.

Data Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bombana merilis 17 sekolah SMA-sederajat sebagai peserta Ujian. Tujuh sekolah diantaranya, menyisahkan siswa, yang tak lulus ujian. Sedangkan dua dari sekolah tersebut, adalah SMAN Kabaena Timur dan SMAN Kabaena Barat yang sebelumnya terlambat dapat naskah UAN.

“Beberapa daftar sekolah yang siswanya tak lulus itu yakni SMAN 1 poleang, SMAN 1 poleang barat, SMAN 1 Kabaena Barat, SMAN 1 Kabaena Timur, MAN Kasipute, SMK 1 Kabaena Selatan, Madrasah Alitoqamah di Bambaea,” beber Budiman Kasi SMP/SMA Dikpora Bombana, meski tak menyebut jumlah siswa ditiap sekolah yang tak lulus.

Dirinya menampik jika menyandingkan ketidak lulusan siswa punya korelasi dengan keterlambatan soal UAN. Namun Budiman tak menyangkal diantara siswa tak lulus tersebut, berasal dari sekolah yang sebelumnya terlambat mendapat naskah ujian April lalu.

“Meski begitu, presentase angka kelulusan siswa kita, Alhamdulilah mencapai 92,80 persen pada pengumuman ini,” ujarnya

Sedangkan menyinggung nasib ke-38 siswa yang tak lulus tersebut, kata Budiman bakal diberi dua pilihan bagi siswa tersebut.

“Bila lanjut, maka mesti mengikuti ujian Paket C yang dihelat Juli nanti. Bila tidak, maka harus mengulang tahun depan,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *