400 MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH KEBAGIAN SERTIFIKAT GRATIS

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Bantuan 400 Sertifikat Tanah secara Gartis di peruntukkan bagi warga Bombana yang statusnya berpenghasilan rendah  di berikan Kementeriaan Perumahan Rakyat  disambut baik pihakPemkab Bombana dan masyarakat, pasalnya sejak lama masih banyak warga yang belum mampu untuk membuat sertifikat hak atas tanah merekacyang dicsebabkan mahalnya biaya yang harus di keluarkan untuk mengurus sertifikat tanah tersebut.

Ditemui diruang kerjanya usai melaksanakan Sosialisasi Pra dan Pasca Sertifikat atas Tanah MBR thun 2013 di Kantor Perumahan Kab. Bombana yang dihadiri pihak Kementerian Perumahan, Kepala Kantor Pertanahan Bombana dan Lurah serta Kepala Desa, Sulaeman mengakui jumlah bantuan sertifikat tersebut masih sangat kurang, namun dirinya bersyukur masih ada porsi bantuan yang diberikan pihak Pusat, pasalnya bantuan tersebut sudah ditanda tangani untuk daerah lain beberapa hari sebelum dirinya tiba dijakarta,sehingga setelah melakukaan lobi, pihak pusat bersedia mengurangi beberapa porsi bantuan untuk daerah lain untuk Dialihkan ke Kabupaten Bombana.

” Kita sedikit mengalami keterlambatan tekhnis ” papar Sulaeman.

Mantan Kabid Cipta Karya Dinas PU ini mengurai, untuk bantuan tersebut sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2014 mendatang, namun untuk tahun ini pendataan bagi MBR sudah mulai dilakukan sehingga pengusulannya nanti dalam pendataan tidak menuai masalahkarena di kwatirkan akan berdampak pada penilaiaan kinerja dari pemerintah pusat.

” saya tegaskan bahwa yang berhak memperoleh bantuan ini hanya masyarakat berpenghasilan rendah, jadi tidak di bolehkan bagi Pegawai Negeri Sipil ” tandas Sulaeman.

Tahun ini di wilayah Sultra di ketahui hanya tiga daerah yang mendapat bantuan Sertifikat tanah untuk masyarakat Berpenghasil rendah yakni , Kota Kendari, Bombana dan Konawe Selatan, namun persyaratannya sendiri kata Sulaeman, bantuan tersebut di khususnya bagi masyakarat yang penghasilnnya dibawah 1.250.000 dan tanah tersebut merupakan tanah yang tidak bersengketa, sedangkan untuk wilayah pembagian sertifikat Hak Atas Tanah tersebut tersebar di beberapa wilayah diantaranya rumbia, Rumbia Tengah, Desa Watukalangkari,Poleang Timur, Poleang Tengah.

” Kita ingin membantu masyarakat khususnya bagi mereka yang berpenghasilan rendah agar tanah mereka bersertifikat ” kata Sulaeman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *