490 WARGA POLBAR TERIMA BANTUAN PERBAIKAN RUMAH

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Sejumlah 490 Kepala Keluarga (KK) yang di kategorikan kurang mampu, di Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana, memperoleh dana hibah bantuan perumahan sebesar Rp 3,675 miliar dari kementerian Perumahan Rakyat dengan  jumlah  Masing – masing Kepala Keluarga (KK) menerima Rp 7,5 juta yang akan di transfer melalui rekening masing – masing penerima bantuan.

Perwakilan kementerian yang hadir di bombana dalam peresmian bantuan perumahan tersebut Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rahyat RI, Dr Eko Djoeli Heripoerwanto menuturkan , bantuan yang di berikan kepada masyarakat Poleang barat kali ini hanya dapat diperuntukkan untuk beberapa item perbaikan  rumah .

“ Bantuan ini hanya untuk perbaikan dinding, lantai dan atap rumah selebihnya untuk membayar ongkos tukang lainnya,”kata bapak yang biasa disapa pak Eko ini dihadapan ratusan warga penerima bantuan perumahan di Kantor Desa Timbala Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana, Rabu (17/9).

Menurutnya, dana yang diberikan pada tiap KK itu, merupakan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk melakukan rehap pada tiga bagian pokok rumah yakni atap lantai dan dinding.

“Bantuan ini hanya stimulan saja, tiap KK dapat menambahkannya dengan tabungannya yang lain,”kata Eko Djoeli Heripoerwanto, seraya menambahkan bahwa mekanisme pengucuran dana itu melalui bank dan penerima datang kebank dan mentransfer dana itu ke toko bangunan yang ditunjuk lalu toko bersangkutan mengantar material bangunan ke rumah penerima bantuan tersebut.

Pejabat Kementrian Perumahan Rakyat ini menegaskan bahwa jika dana bantuan ini disalahgunakan, maka akan diberikan sangsi sesuai aturan berlaku.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perumahan Rakyat Kabupaten Bombana Sulaiman, mengatakan bahwa 490 KK itu tersebar di enam desa yakni desa Pabiring desa Rakadua, Desa Balasari, desa Bambamolingku, desa Bulumanae, desa Timbala dan desa Toari.

“Kita tetap akan mengawal bantuan ini agar tepat sasaran dan bisa membantu memperbaiki rumah warga,” katanya.

Sulaiman juga menargetkan bahwa tahun depan pihaknya menargetkan bantuan 1000 rumah untuk Bombana.

“Kita sudah siapkan semua kebutuhan dokumennya, mudah mudahan terealisasi sesuai target,” harap Sulaiman.

Bantuan perumahan ini mendapat apresiasi dari Bupati Bombana. Melaui asisten satu Setda Bombana, Rusman, Bupati menegaskan bahwa, program perumahan rakyat di Bombana, menjadi fokus perhatian pemerintah daerah. Menurut Rusman, sejak 2009 sampai 2013 pihaknya sudah menangani 3.312 unit. Khusus yang bersumber dari APBN ada 2.167 unit yang ditangani di Bombana dengan total anggaran mencapai Rp 14 miliar lebih.

“Kami sangat harapkan dukungan pemerintah pusat untuk selalu memberikan kuota BSPS di Bombana demi menuntaskan permasalahan rumah tidak layak huni di Bombana,” tukas Rusman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *