64 KM JALAN LINGKAR KABAENA MULAI DIKERJAKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM bersama Wakil Bupati Bombana Ir. Hj. Masyhura di dampingi President Direktur PT. Trias Jaya Agung Azhar saat memulai melakukan pencanangan pembangunan perbaikan jalan Dongkala-Sikeli-Pongkalero merupakan kerjasama Pemprov, Pemkab Bombana, dan Investor se Kabaena dan diperkirakan selesao akhir juli, ( Foto : Herry ).

Rumbia, Masyarakat Kabaena kini bisa bernafas lega, betapa tidak,  jalan yang selama ini  menjadi akses untuk menghubungkan antar kecamatan di pulau yang berada ditengah lautan tersebut mulai dikerjakan ditandai pencangan pengerasan jalan yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Provinsi, Pemkab Bombana, DPRD Bombana dan para investor yang hinga saat ini masih melakukan aktivitas penambangan di pulau tersebut.  

” DPRD Bombana memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah dan para investor dengan dilakukannya pengerasan jalan lingkar Kabaena hari ini (16/6),  merupakan bukti dan wujud nyata dari komitmen bersama untuk memajukan  pemerataan pembangunan di bombana khususnya di kabaena ”  kata Abady Makmur saat memberikan sambutan di hadapan Bupati Bombana.  

Anggota DPRD Kab. Bombana yang merencanakan pada 2014 nantinya akan maju bertarung di Picaleg Tingkat Provinsi ini menegaskan bahwa dirinya dan seluruh anggota DPRD Bombana akan mendukung penuh program perbaikan jalan lingkar di pulau penghasil nikel tersebut, menurutnya, ini merupakan suatu terobosan dari akselerasi percepatan pembangunan, sehingga tidak ada alasan bagi semua stacholder dan masyarakat untuk tidak mendukung program mulia ini. ” saya yakin setelah jalan ini terbangun maka tingkat pendapatan perekonomian masyarakat akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan” ujar Abady.  

Perbaikan jalan poros lingkar Kabaena yang dimulai dari Dongkala-Sikeli-pongkalaero dengan jarak kurang lebih 64 KM mulai hari ini proses pengerasannya  ditandai dengan pencanangan oleh Bupati Bombana, dikerjakan  seluruh perusahaan ( investor ) yang ada di kabaena dengan membagi jarak pekerjaan sesuai aspek keadilan yang berimplementasi dari besarnya perusahaan tersebut yang rencana luasnya 10 meter dengan badan jalan 8 meter dan parit kiri kanan jalan nantinnya masing – masing 1 meter. untuk diketahui perusahasn yang memiliki porsi yang besar dalam pekerjaan tersebut yakni PT. Billy Indonesia 51 KM, PT. Trias Jaya Agung 6 KM.   Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM dihadapan para undangan yang menghadiri pencanangan tersebut diantaranya Wakil Bupati Bombana, Kapolres Bombana, Pabung Kodim, Anggota DPRD Bombana, Perwakilan investor dan tokoh maayarakat mengatakan bahwa pengerasan jalan lingkar di kabaena diyargetkan akan selesai pada akhir juli nanti, sehingga proses pengaspalannya sesuai jadwal yang telah di rencanakan pada agustus nanti bisa terlaksana.  

” perbaikan jalan ini telah kami bagi, investor akan melakukan pengerasan hingga lapis C, setelah itu Pemerintah yang akan mengaspalnya, dan untuk perusahaan silahkan memasang baleho di lokasi kerja mereka, sehingga kita akan melihat mana perusahaan yang memiliki kepedulian dalam membangun kabaena, dan ingat saya akan mengontrol  pekerjaan ini ” kata Bupati Bombana  

H. Tafdil mengharapkan ketepatan waktu bagi para perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, pasalnya menurut Pasangan Hj. Masyhura ini, dirinya menginginkan agar masyarakat di kabaena segera bisa merasakan perubahan yang selama ini dinantikan.  

” untuk anggaran pengaspalannya sendiri sudah ada, setelah kami hitung keuangan daerah,  pemkab Bombana sudah mengalokasikan sebanyak 3 milyar, ditambah bantuan dari pemprov 4 milyar, jadi secara keseluruhan anggarannya 7 milyar, inilah wujud kepedulian dan perhatian gubernur terhadap daerah kita dan harus kita sambut dengan positif “ungkapnya.  

Bupati ke 5 Bombana ini, mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar jangan apriori kepada pihak perusahaan, pasalnya, banyak hal yang di kerjakan bersama dengan investor dalam membangun daerah ini. ” bisa dibayangkan anggaran perbaikan dan pengerasan jalan ini menelan biaya 30 milyar, dengan keterbatasan anggaran yang kita miliki tentunya akan sangat sulit segera merealisasikan pekerjaan ini jika tidak dibantu dengan pihak investor, dan saya juga ingatkan ke camat se kabaena untuk selalu ada ditempat jika pihak perusahaan ingin melakukan koordinasi, dan untuk investor tolong segera laporkan ke saya jika camat saat dibutuhkan berkoordinasi tidak berada ditempat ” tegas Bupati Bombana.  

Usai melakukan pencanangan pengerasan jalan di Halaman Rujab Camat Kabaena, Bupati Bombana beserta rombongan di dampingi Kapolres dan pihak investor langsung menuju lokasi pekerjaan jalan di rahantari Kabaena Barat untuk membuka secara simbolis pekerjaan jalan tersebut.  

Ditempat yang sama, salah seorang investor yang turut mendampingi Bupati Bombana, ashar  menuturkan, baru kali ini khususnya di kabaena sejak bombana mekar dari Buton, pengaspalan sepulau kabaena akan dilakukan.

” Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur sultra dan Bupati Bombans, sebab jika bukan dari mereka ide ini, entah sampai kapan masyarakat kabaena bisa merasakan kenyamanan seperti daerah lain yang akses jalannya sudah diaspal, saya pun berjanjo jatah trias 6 KM akan kami rampungkan dalam waktu 21 hari” ungkap Ashar presiden Direktur PT. Trias Jaya Agung yang juga merupakan putra Asli Kabaena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *