9 BULAN KEPEMIMPINAN TAMASYA, BOMBANA MENGALAMI KEMAJUAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kabupaten Bombana terus mengalami perubahan. Meski usia kepemimpinan H. Tafdil SE MM bersama  Ir Hj Masyhura Ilah Ladamay,  masih seumur jagung, namun sudah banyak prestasi yang ditorehkan. Utamanya dalam menyongsong percepatan pembangunan infrakstruktur, pertumbuhan perekonomian, peningkatan kesejahteraan masyarakat,  serta pembangunan sumber daya manusia  di Kabupaten Bombana.  Betapa tidak, selain berhasil memperbaiki sistem pengelolaan keuangan, serta merekstrukturisasi birokrasi,  selama Sembilan bulan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bombana  banyak program pembangunan yang saat ini sudah berjalan.    

Diantaranya, perhatian pemerintah dengan memberikan insentif bagi para pemuka agama, pemuka adat dan dukun kampung yang selama ini keberadaan mereka hanya di pandang sebelah mata, Selain itu pemkab bombana juga mulai pembangunan jalan lingkar Pulau Kabaena dengan melibatkan investor yang ada di pulau kabaena dengan jarak 64,1 KM, pembangunan sarana dan prasarana air bersih di Pulau penghasil tambang tersebut, serta program bedah rumah penduduk melalui APBN yang bekerja sama dengan kementerian perumahan rakyat melalui Dinas PU bidang Cipta Karya.     

Bukan itu saja, yang lebih mencegangkan lagi, ditahun 2012 ini, Ketua DPD PAN Bombana ini juga, akan menjadikan Kabupaten Bombana sebagai salah satu Daerah pelopor penanganan program rumah tidak layak huni (RTLH) di Sulawesi Tenggara. Gagasan ini  tentunya bukan hanya isapan jempol semata. Buktinya, pada tanggal 24 April 2012 H Tafdil telah menandatangani Pernyataan Komitmen kepada Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Untuk kesiapan pelaksanaan program dimaksud. Tidak tanggung – tanggung, ada 11 137 rumah tidak layak huni di 22 Kecamatan di Kabupaten Bombana yang akan di Bedah hingga tahun 2014 mendatang

“Selama 9 bulan, banyak program yang sudah berjalan, baik itu melalui program Gembira maupun program dari pemerintah pusat. Seperti pembangunan jalan di Pulau Kabaena yang kini sedang berjalan, Pembangunan sarana air bersih, kelistrikan, pelayaran, kesehatan, peningkatan kesejahteraan rakyat seperti bedah Rumah, dan fasilitas lainnya, ” ungkap H Tafdil beberapa saat lalu.

saat melakukan pencanangan pembangunan jalan lingkar Kabaena, di Kabaena, baru – baru ini. Untuk diketahui, tahun ini sebanyak 2.000 RTLH di Bombana yang akan dibedah.

“Tahap awal,  Juli 2012 mendatang, terdapat 438 rumah yang akan dibedah. Ini program stimulan. 438 rumah yang akan di Bedah itu dilaksanakan, di Desa Timbala, dan ranakomea, Kec Poleang Barat, Kelurahan Boeara, Boepinang Barat dan Boepinang, Kecamatan Poleang, Desa Mulaeno dan Paria, Kecamatan Poleang Tengah, Desa Biru Kecamatan Poleang Timur, Desa Laraete Poleang Tenggara. Desa lampeantani Kecamatan Rarowatu, dan Desa Tembe, Kecamatan Rarowatu Utara. Semunya ada 11 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan.  Selanjutnya untuk Kabaena akan dituntaskan 2013, ” kata Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PU Kabupaten Bombana, Sulaiman.  

“Kepemimpinan H Tafdil benar – benar berpihak kepada masyarakat. Meski baru 9 bulan menjadi Bupati di Bombana, namun sudah banyak program yang berhasil dilaksanakan. Contohnya, jalan di Kabaena yang sekarang sedang dibangun. Ini luar biasa, karena Bupati mampu menggalang infestor untuk berpartisipasi dalam pembangunan” kata H Muslimin, tokoh masyarakat Kabaena Timur.

Komentar