SINERGITAS BAHTERAMAS DAN GEMBIRA WUJUD NYATA SIFAT GOTONG ROYONG

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ket Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM saat memberikan sambutan di hadapan Gubernur Sultra H. Nur Alam SE pada acara Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Prov. Sultra ke IX di Lapangan A. A. Rifai Rumbia. ( Doc. Foto : Amiruddin ).

Rumbia. Pentingnya memupuk semangat gotong royong di masyarakat, akan membawa manfaat yang sangat besar, karena dengan terbinanya suatu kebersamaan maka akan mempermudah bagi seluruh masyarakat menjaga integritas bangsa , Hal tersebut dikatakan H. Tafdil , Se. MM pda Pembukaan Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Prov. Sultra ke IX yang dihadiri Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE, Wakil Gubernur, H. Saleh Lasata, , Walikota Kendari Wakil Bupati Konsel, Unsur SKPD Prov. Sultra dan Kabupaten Bombana ,Camat, Desa dan Lurah serta OKP di bombana yang diperkirakan berjumlah 1000 orang hari ini (19/04) di lapangan A. A. Rifai Rumbia.

” saya mengucapakan penghargaan yang setinggi – tinggi atas kepercayaan yang diberi oleh Gubernur Sultra untuk melaksanakan kegiatan berskala provinsi seperti ini,” kata H. Tafdil di awal Sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Ketua DPD PAN Bombana ini, bahwa wujud daari semangat kegotong – royongan telah dirasakan oleh masyarakat Sultra dan Bombana pada Umumnya yang terkait dengan program pemerintah, “ salah satu wujud kebersamaan dala kegotong royongan yakni  dengan sinerginya program yang telah dilaksanakan Gubernur dengan program Bahteramas yang memberikan bantuan 100 juta tiap tahunnya pada desa dan kelurahan, ditambah dengan program Gembira dengan mengalokasikan anggaran 350 juta pertahun buat desa merupakan bentuk wujud nyata sifat gotong royong yang dilakukan pemerintah yang kini telah dirasakan masyarakat, olehnya itu program seperti ini harus tetap dilanjutkan, dan kami berjanji bahwa Bombana akan menjadi lokomotif terdepan dalam mengsukseskan kelanjutan program ini “ Ujar H. Tafdil yang disambut tepuk riuh oleh undangan.

Perlu untuk diketahui, pada Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Provinsi Sultra yang ke IX yang dilaksanakan di Bombana, Pemerintah Prov. Sultra memberikan bantuan langsung ke masyarakat yang jumlahnya lumayan besar sekitar 4 Milyar lebih yang terdiri dari bantuan Dari Dinas pertanian, Dinas Pendidikan dan Dinas Perikanan yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur SUltra H. Nur Alam, SE kepada kelompok tani yang berada di Kab. Bombana.

Ket Gambar : Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE saat memberikan bantuan secara simbolis kepada beberapa Kelompok Tani yang berada di Bombana yang nilainya milyaran rupiah, ( Doc. Foto : Amiruddin ).

Sementara itu, Gubernur Sultra H. Nur Alam menghimbau kepada seluruh masyarakat sultra untuk meningkatkan penguatan integrasi social yang cenderung menurun akhir – akhir ini, hal tersebut dimaksud supaya kesenjangan social antara masyarakat pedesaan dan perkotaan tidak semakin melebar sehingga kecemburuan social tidak tercipta di tengah masyarakat.” tadi kita telah menyaksikan, saya menyerahkan bantuan dari pemerintah pada masyarakat yang nilainya milyaran rupiah, bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat hal tersebut belum berarti apa – apa, namun pemerintah akan terus berupaya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari peluang pembiayaan dalam percepatan pembangunan, tapi bantuan ini jangan dijadikan satu satunya sebagai sumber pembiayaan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, sebab masih banyak sector yang bisa di gerakkan, masih ada dunia usaha dan sector lain “ Ujar H. Nur Alam

Ditambahkan pula oleh Ketua PAN Sultra ini bahwa sejak tahun 2008, Pemerintah melalui kebijakan stategis Program Bahteramas yang terdiri dari tiga pila yaitu bantuan keuangan desa atau block grand, pengobatan gratis dan pembebasan biaya pendidikan  telah memberikan dampak atau perubahan yang sangat signifikan hingga saat ini, karena menurutnya program Bahteramas ini bertujuan semata – mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala aspek.

Setelah mencanangkan Pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong yang ke IX, Gubernur yang dikenal sangat dekat dengan masyakarat ini melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis dalam rangka program penghijauan sultra yang didampingi Bupati Bombana, Ketua DPRD Bombana, Kepala BAdan Lingkungan Hidup Bombana serta Unsur kepala SKPD lainnya.

Komentar