Tindaklanjuti Amanat Permendagri, Dinas Capil dan Dinsos Gelar Perjanjian Kerjasama

Tindaklanjuti Amanat Permendagri, Dinas Capil dan Dinsos Gelar Perjanjian Kerjasama

Kominfo, Disdukcapil - Dalam rangka memenuhi Amanat Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bombana sepakat dalam suatu Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pemanfaatan Data Kependudukan.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bombana Firdaus, S.Pd dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bombana Andi Muh. Arsyad, S.Sos, M.Si yang dilaksanakan di Ruang Kepala Dinas Dukcapil pada hari Kamis, tanggal 3 September 2020. 
Dalam kesempatan tersebut turut hadir beberapa Kepala Bidang dan Kepala Seksi lingkup Disdukcapil Kabupaten Bombana. 

Kepala Dinas Dukcapil Kab. Bombana Firdaus, S.Pd mejelaskan bahwa dengan adanya kerja sama ini, maka data kependudukan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pembangunan, khususnya pada pelayanan publik di bidang sosial. 

Namun kata Firdaus, harus tetap terjaga kerahasiaan datanya terutama data perorangan yang sangat dilindungi oleh undang-undang.

“harapan kami ke depan semakin banyak OPD Pengguna atau pemanfaat data kependudukan yang melakukan kerja sama seperti ini, sehingga tercipta pelayanan publik yang semakin tertata, efisien dan efektif serta yang terpenting adalah dapat membahagiakan masyarakat,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kab. Bombana Andi Muh. Arsyad, S.Sos, mengungkapkan bahwa Dinsos merasa sangat terbantu dengan adanya kerja sama ini, dalam rangka Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesetaraan Sosial.

“terimakasih kepada pihak Dukcapil yang telah bersedia melakukan PKS Pemanfaatan Data Kependudukan, semoga kedepan data yang kita gunakan semakin Valid, "harapnya.

Laporan : Alimuddin
Sumber : Dinas Capil

Download File: 030920_194911_IMG_20200903_204924.jpg

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda