Sosialisasi Pengelolaan Depot Air Bersih, Menjadi Standarisasi  Kesehatan Bagi Manusia

Sosialisasi Pengelolaan Depot Air Bersih, Menjadi Standarisasi  Kesehatan Bagi Manusia

Sosialisasi Pengelolaan Depot Air Bersih, Menjadi Standarisasi  Kesehatan Bagi Manusia

Kominfo, Poleang Selatan - Sosialisasi ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memberikan ilmu atau pengetahuan tentang standar air yang baik untuk kesehatan. Mengingat air merupakan unsur yang penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Tamrin, Pls. Camat Poleang Selatan mengatakan, air adalah kebutuhan pokok manusia yang harus diperhatikan. Dengan adanya sosialisasi ini masyarakat poleang selatan dapat memahami betapa pentingnya menggunakan air yang sesuai standar kesehatan."hal ini dijelaskan oleh Tamrin

Menurutnya, Apalagi sebagian masyarakat masih awam pengetahuan tentang air yang baik untuk kesehatan. Serta para pengelola depot dapat memperhatikan pengelolaan Depot nya sesuai starndar kesehatan. Sehingga masyarakat memperoleh air yang sudah terjamin kualitasnya."kata Tamrin saat memberi sambutan dikantor kecamatan poleang selatan pada Selasa, (8/9) kemarin

Hal itu disampaikan pula Muliadi, (Kepala Labkesda Prov. Sultra) saat memberikan gambaran tentang pentingnya air minum yang memenuhi standar kesehatan. 
"Kata Muliadi, Laboratorium kesehatan Prov. Sul-Tra merupakan sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan yang bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan dan faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan perorangan dan masyarakat.
 
Mengingat, Lanjut Muliadi, meningkatnya jumlah Depot air minum isi ulang tidak menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan air minum yang memenuhi syarat kualitas karena banyak Depot yang memproduksi air minum yang tidak memenuhi kualitas yang dipersyaratkan."terangnya.

Senada hal ini, Made Piarsa, selaku Kasi Perizinan menyampaikan beberapa hal terkait cakupan Ruang lingkup PTSP. 

Menurut Made, Dinas Penanaman Modal dan PTSP memiliki tugas merumuskan melaksanakan kebijakan dibidang penanaman modal, perizinan secara terpadu dengan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, Keamanan, kapasitas dan transparansi."ucapnya.

Kita ketahui, kata Made Piarsa bahwa, Tujuan sosialisasi ini untuk bersosialisasi mendekatkan diri dengan masyarakat memberikan gambaran dalam memperoleh perizinan Depot air minum yang sesuai standar kesehatan.

"untuk itu, Kasi Perizinan mengatakan, bahwa PTSP melakukan pelimpahan kewenangan untuk menerbitkan izin bukan pengambil kebijakan, dan pemilik kebijakan ada di Dinas masing-masing. "Misalnya kalau Depot air minum berarti ada di Dinas Kesehatan. "Ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, hadiri oleh Tamrin, S.H (Pls. Camat Poleang Selatan). Hj. Asriani Abidin, S.Kep. (Kasi Kesling dan Kesjaor). Made Piarse, S.E (Kasi Perizinan Kab. Bombana). Muliadi, S.Si.,M.Si.(Kepala Labkesda Prov. SUL-TRA). Muh. Alwi, S.Si, Apt. MM. (Kepala Labkesda Bombana). Para Kepala Desa se-Kec. Poleang Selatan, beserta Masyarakat yang memiliki usaha DEPOT juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Hingga, Sosialisasi hari ini berjalan dengan aman dan tertib serta tetap memperhatikan Protokol kesehatan.

Laporan : Muharar
Sumber : Kec. Poleang Selatan

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda