Festival Tangkeno, Bupati H. TAFDIL Kembangkan Dan Lestarikan Budaya Sehingga Menjadi Tempat Wisata

Festival Tangkeno, Bupati H. TAFDIL Kembangkan Dan Lestarikan Budaya Sehingga Menjadi Tempat Wisata

Laporan : Hatifandi

Sumber: Dinas Pariwisata

Kominfo, Bombana - Meskipun Kab. Bombana masih dilanda Pandemik Covid-19, tidak menyurutkan semangat Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga untuk menggelar Event tahunan Festival Tangkeno Ke 8 tahun 2020 hingga Event tersebut selesai. Tentunya satu yang diutamakan adalah tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti Memakai Masker, Rajin Cuci Tangan pake sabun dan tetap jaga jarak.

Festival Tangkeno Tahun ini dibuka langsung Bupati Bombana H. Tafdil, pada kamis Pagi 10/09/2020 di desa Tangkeno Kecamatan Kabaena Tengah Kab. Bombana

Hal ini diungkapkan Kadis Pariwisata. Dalam kegiatan tahunan ini, Janariah menjelaskan, memang sangat diutamakan protokol kesehatan, olehnya itu, kegiatan ini harusnya di hadiri oleh 100 peserta dari enam kecamatan diwilayah pulau kabaena tetapi karena pertimbangan pandemik covid-19 sehingga panitia hanya meminta 30 orang peserta utusan dan perwakilan dari unsur Kepala Desa/Lurah, tokoh masyarakat, tokoh adat, guru, organisasi pemuda dan organisasi kewanitaan.

"Awalnya memang kita sudah sepakati untuk menghadirkan 100 orang dalam Enam kecamatan, namun karena ada pembatasan yang menyangkut soal Pandemik, sehingga dari jumlah seratus itu kita kurangi menjadi 30 saja, "terang Janariah saat ditemui di Desa Tangkeno, Kamis, (10/9/2020) kemarin

Dihadapan masyarakat dan peserta yang menghadiri Festival Tangkeno Bupati Bombana H. Tafdil dalam sambutannya mengatakan "Festival ini sangat strategis dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal serta sebagai media untuk menampilkan kreatifitas pelaku seni yang ada di Kabupaten Bombana.

"Di Tangkeno ini memang sangat cocok untuk dikembangkan, jadi kita tinggal melihat apa yang harus kita lestarikan dan seni budaya apa lagi yang harus kita tampilkan. Supaya Tangkeno ini bisa menjadi tempat Strategis, agar bisa dilirik oleh para wisatawan dan mancanegara, "terang Bupati H. Tafdil 

Dalam kegiatan ini hadir juga Wakil Bupati Bombana Johan Salim, SP, Sumarni Johan, Hj. Andi Nirwana, S, SP., MM, dan selain itu di hadiri Lima Kepala OPD, serta turut di ramaikan juga oleh penampilan Indri KDI artis jebolan salah satu kontestan dangdut di salah satu Stasiun TV Swasta.

"Alhamdulillah kegiatan festival hari ini berjalan dengan lancar begitu juga dengan pameran kriya dan pameran kulinernya juga berjalan sesuai harapan, "tutup Janariah.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda