Saat Gelar Musdes, Aparat Desa Analere Perioritaskan 3 Skala : Infrastruktur, SDM dan Perekonomian

Saat Gelar Musdes, Aparat Desa Analere Perioritaskan 3 Skala : Infrastruktur, SDM dan Perekonomian

Laporan : Bahtiar

Kominfo, Poleang Barat - Sabtu, 12 September 2020 Pemerintah Desa Analere menggelar kegiatan Musdes tentang Perencanaan RKPDes untuk Tahun 2021 yang bertempat di Kantor Desa Analere .

Agenda Musyawarah Desa Perencanaan, tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (MUSDes - RKPDes) untuk tahun 2021 fokus pada pencermatan ulang Rencana Kerja Menengah Desa (RPJMDes) serta lebih memprioritaskan program kerja yang telah disepakati pada tahun perencanaan 2019 namun tidak terealisasi pada tahun 2020 karena adanya wabah Covid-19 yang menjadi Pandemi diseluruh Indonesia terkhusus  di Kab. Bombana.

Terkait soal Musdes, Hal ini diungkapkan oleh Burhanuddin selaku Ketua BPD Desa Analere. pada Sabtu, (12/9/2020) di Kantor Desa Analere beberapa hari lalu

Burhanuddin mengatakan, agar perencanaan kegiatan pembangunan Desa bisa maksimal serta sejalan apa yang menjadi Visi Misi pemerintah Desa, harus kita lakukan Musdes lebih dahulu.

Menurut Burhanuddin, apalah lagi keluarnya Desa Analere dari Desa sangat tertinggal menjadi Desa Berkembang, tidak menutup kemungkinan Desa Analere kedepan bisa menjadi Desa percontohan ditingkat Kecamatan Poleang Barat atau mungkin ditingkat Kabupaten Bombana jika pergerakan serta keselarasan dalam arah pembagunan terus dilakukan. "ungkapnya.

Maka dari itu kata Ketua BPD, meminta kepada aparat Desa atau siapapun yang terlibat dalam pemerintahan Desa agar mensosialisasikan kesemua warga Desa tentang pencapaian Pemerintah Desa ini."terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Analere, Sudirman dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa 
“Dana Desa tahun 2020 telah banyak digunakan untuk penanggulangan Covid-19, maka untuk Dana Desa tahun 2021 akan kita coba diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan Infrastruktur, perbaikan SDM, serta menghidupkan perekonomian Desa melalui suntikan dana bagi pengurus BUMDes agar kedepan semua bisa selaras untuk menjadikan Desa Analere menjadi Desa Maju atau bahkan sampai pada level Desa Mandiri. "Ucap sudirman

Sementara itu, Ahmad Haris selaku Pendamping Lokal Desa sangat berharap agar Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk tahun 2021 ini benar-benar mampu menjawab apa yang menjadi harapan & kemauan warga desa untuk kedepanya, serta memang menjadi prioritas warga desa agar bisa membawa manfaat dan perubahan yang sangat signifikan.

“Hasil kesepakatan dari musyawarah desa RKPDesa tahun 2021 tersebut selanjutnya dituangkan dalam berita acara dan selanjutnya Kepala Desa Analere akan mengarahkan tim penyusun RKP-Desa untuk melakukan perbaikan dokumen rancangan RKP-Desa berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah. 

Lanjut, Karena rancangan  RKP-Desa tersebut akan menjadi lampiran Rancangan Peraturan Desa tentang RKP Desa, Kepala Desa menyusun rancangan Perdes RKP Desa yang akan dibahas dan disepakati bersama oleh kepala Desa dan BPD untuk ditetapkan menjadi Peraturan Desa RKP Desa. 

"Insya Allah kami dari Pendamping akan selalu mensupport dan turut membantu Pemerintah Desa agar bisa tercapai apa yang menjadi hajatanya, "tutur Andi Erwin Thalib selaku PDP dikecamatan Poleang Barat. 
 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda