Agar Terintegrasi Secara Nasional, Disdukcapil Gelar Sosialisasi KIA Online

Agar Terintegrasi Secara Nasional, Disdukcapil Gelar Sosialisasi KIA Online

Kominfo, Bombana - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Bombana, menggelar Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) secara Online. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kabaena pada hari Selasa (8/9/2020).

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bombana Firdaus, S.Pd yang di dampingi oleh para Kepala Bidang lingkup Disdukcapil Kabupaten Bombana, kegiatan Sosialisasi di moderatori oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Sitti Ramlah S.Si, M.Sc dan sebagai pemateri adalah Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Sugiatno, S.Si.

Hanya berselang watu tiga bulan Disdukcapil Kabupaten Bombana melakukan sosialisasi KIA Online di Poleang kini giliran wilayah Kabaena untuk dilakukan sosialisasi ini karena layanan ini adalah layanan yang masih baru dilaksanakan di Kabupaten Bombana, "kata Ramlah saat kegiatan berlangsung.

"Menurutnya, Tentu masih kurang yang mengetahui apa itu KIA, bagaimana cara mengurusnya baik secara manual maupun Online, dan apa manfaat KIA itu sendiri, "tuturnya.

Kabid Inovasi mengatakan, Nah inilah yang membuat kami dari Disdukcapil Kabupaten Bombana merasa terpanggil dalam rangka memudahkan layanan  Dokumen kependudukan kepada masyarakat sehingga sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan. "dan Insyaallah diakhir acara kami akan membagikan Buku Profil Kepandudukan dan Buku media layanan informasi kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa sebagai tambahan informasi tentang layanan dokumen kependudukan, "jelas sang moderator.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bombana Firdaus, S.Pd menyampaikan sambutannya bahwa  Dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) adalah Dokumen Negara yang merupakan identitas Anak 0 sampai 17 Tahun kurang sehari, yang fungsinya sama dengan KTP-el.

Apabila seorang anak Kata Firdaus, belum memiliki KIA berarti dia belum memiliki identitas secara nasional, yang diolah secara terintegrasi dalam satu aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), tetapi dia hanya tercatat didalam Kartu Keluarga (KK).

“nah untuk memudahkan layanan tersebut maka kami membuat terobosan baru yaitu melayani KIA Online berbasis website, yang dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) sehingga dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh KIA, ”jelasnya.

Lanjut sang kadis menjelaskan bahwa layanan Online ini bukan layanan satu-satunya, kami tetap melayani secara manual dan juga kami tidak membatasi hanya satu jenis layanan saja yaitu KIA Online akan tetapi jenis layanan yang lain juga kami buka secara Online seperti KK, SKPWNI, dan Akta Kelahiran Online, ”tuturnya.

Ditempat yang sama Sugiatno, S.Si sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut menjelaskan “bahwa untuk mengajukan permohonan, bisa melalui Website : https://dukcapilbombana.online

Kata Sugiatno, maka pemohon harus membuat User untuk login dan mengajukan permohonan. "Jadi, Selain untuk pengajuan permohonan KIA, User juga dapat digunakan untuk pengajuan layanan lain yang tersedia dalam website tersebut, ”jelasnya.

Dalam Pelaksanaan kegiatan tersebut, Turut hadir sebagai peserta Sosialisasi adalah para Camat se Wilayah Kabaena, Kepala Desa/Lurah se Wilayah Kabaena serta seluruh Kepala Sekolah SD, SMP, SMA sederajat se Kecamatan Kabaena, kader kesehatan serta beberapa Kepala Puskesmas juga turut hadir dalam Sosialisasi ini.

 

Laporan : Alimuddin

Sumber : Discapil Bombana

 

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda