Bupati Bombana, Kembali Serahkan Kartu Asuransi Nelayan di Lima Kecamatan

Bupati Bombana, Kembali Serahkan Kartu Asuransi Nelayan di Lima Kecamatan

Bupati Bombana, Kembali Serahkan Kartu Asuransi Nelayan di Lima Kecamatan

Kominfo, Perikanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana kembali menyerahkan Kartu Asuransi Nelayan kepada Nelayan Kabupaten Bombana di Lima Kecamatan, pada tanggal (8 s/d 9 September 2020) dua pekan lalu

Kartu Nelayan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Bombana didampingi oleh wakil Bupati Bombana, Wakil Ketua DPRD Bombana, Ardi, SP. Para perwakilan Nelayan. Selain itu, Turut hadir dalam acara penyerahan kartu asuransi nelayan, Kepala OPD, sekretaris Dinas Perikanan, unsur Pemerintah Kecamatan dan Unsur Pemerintah Desa di Balai Kecamatan, pada Rabu, (9/9/2020).

“Kartu nelayan ini merupakan kartu identitas nelayan, yang diterbitkan oleh Pihak Jasindo melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bombana kepada para nelayan,” tutur Bupati.

Disamping sebagai identitas nelayan, kata H. TAFDIL, ini juga merupakan Komunitas nelayan Indonesia, kartu tersebut juga berfungsi untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari Pemerintah Kabupaten maupun Pusat. "Olehnya itu, dengan kartu tersebut, bisa menjadi salah satu akses untuk memperoleh bantuan dan program-program yang berpihak kepada nelayan,” kata Tafdil, usai penyerahan kartu dilakukan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan, Syarif, program ini masuk kata katagori nasional dimana sangat membantu nelayan di Kabupaten Bombana.
“Meski bantuan yang diberikan pemerintah hanya sebatas pembayaran premi iuran sebesar Rp 175.000 setiap tahunnya, tapi program ini cukup membantu nasib para nelayan dalam menjalankan tugasnya mencari ikan,” jelasnya.

Sementara itu Andi Dahriah Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Bombana ini menambahkan, pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi asuransi nelayan ke desa-desa agar para nelayan semakin memahami manfaat program asuransi tersebut. Selain itu, para nelayan akan merasakan dampak positif program tersebut dengan baik.

“Asuransi yang diberikan kepada nelayan ini berlaku selama satu tahun sejak kartu diterbitkan. Selain itu para nelayan juga mendapatkan bantuan gratis jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja, baik di laut maupun di darat,” pungkas Andi dahriah

Adapun nama dan Kecamatan yang mendapat Kartu Asuransi : Kabaena Barat sebanyak 710 Kartu asuransi nelayan, Kabaena Selatan 154 kartu asuransi nelayan, Kabaena Tengah sebanyak 120 kartu asuransi nelayan, Kabaena Timur sebanyak 245 kartu asuransi nelayan dan Kabaena Utara sebanyak 115 kartu asuransi nelayan

menurutnya, dengan program ini jajarannya berharap seluruh nelayan di Kabupaten Bombana akan tenang dalam menjalankan aktivitasnya selama mencari ikan di laut. “Selain itu yang paling dirasakan para nelayan adalah mereka akan semakin tekun dan giat dalam mencari nafkah dengan mencari ikan di laut."tutup Dahriah

Laporan : SuryaNingsih
Sumber : Dinas Perikanan

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda