Hindari Konflik, Camat Tontonunu Gelar Rapat Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah

Hindari Konflik, Camat Tontonunu Gelar Rapat Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah

Hindari Konflik, Camat Tontonunu Gelar Rapat Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah

Laporan : Husain

Kominfo, Tontonunu - Sesuai Peraturan menteri dalam Negeri Republik Indonesia  Nomor 45 tahun 2016 Tentang pedoman penetapan dan penegasan Batas Desa adalah proses yang dilakukan secara kartometrik  diatas Peta yang disepakati. Proses penetapan batas hanya berlaku untuk Desa yang dibentuk setelah peraturan menteri ini berlaku. Prosese penetapan ini terdiri atas tiga tahapan kegiatan, antara lain pengumpulan, penelitian dan Dokumen, pemilihan peta Dasar dan pembuatan Garis batas diatas peta. 

“ Sesuai amanat undang-undang Desa menpunyai Hak otonom untuk menentukan Hak dan asal usul serta adat istiadat masyarakat setempat. Hal ini diungkapkan Camat Tontonunu Muhulifu.

"nah dalam rangka merealisasikan tersebut yaitu harus ada kejelasan dan  penegasan dan penetapan batas Desa, "kata Camat

Menurutnya, Pemerintah Desa harus melihat dari setiap arah, jangan kita melihat kepentingan pribadi tetapi kita melihat kepentingangan umum. batas Desa adalah pemisah Wilayah Antar Desa yang meliputi Batas Alam seperti Gunung dan Sungai.

Batas ini kata Camat, sangat Prinsipil yang menyangkut Pelayanan Publik. kita bersyukur karna pemerintah Kabupaten Bombana dalam hal ini Bagiai Otonomi Daerah turun langsung Kelapangan untuk mengambil Titik koordinat supaya Batas Desa di kecamatan Tontonunu ada kejelasan” kata Camat saat Memberikan Sambutan pada Selasa, (15/09).

Hal yang sama diungkapkan pula Asisten I Bidang pemerintahan dan Kesos Drs. Abd. Rahman, juga menyampaikan, “kami harapkan Semua Desa yang ada di kecamatan Tontonunu harus ada Penegasan dan penetapan batas Desa, kedatangan kami bukan bermaksud merubah Batas desa tetapi kami memastikan Batas Desa tidak ada yang bermasalah dan kami akan mendengar langsung kesepakatan Desa dan secara Hukum akan dibuatkan Perda. 
    
"Kita tidak menginginkan ada polemik masalah Batas Desa kemudian jangan dikaitkan dengan politik” katanya.

Pada pertemuan tersebut dihadiri Kabag. Otonom dan Kerjasama  Dr. Andi Suryani, S Ag,.M Pd,. M Si dan Rombongan, para kepala Desa dikecamatan Tontonunu dan perwakilan Tokoh-Tokoh Nasyarakat tiap-tiap Desa.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda