Inspektorat Bombana, SIAP AWASI Pengelolaan ADD Melalui SISWASKEUDES

Inspektorat Bombana, SIAP AWASI Pengelolaan ADD Melalui SISWASKEUDES

Inspektorat Bombana, SIAP AWASI Pengelolaan ADD Melalui SISWASKEUDES

Laporan : Muliadi
Sumber : Inspektorat

Kominfo, Bombana - Inspektorat Daerah Kabupaten Bombana menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi SISWASKEUDES (Sistem Pengawasan Keuangan Desa) selama 4 Hari dari tanggal 22 September 2020 s.d. 25 September 2020 bertempat di Aula Rapat Inspektorat Bombana

Hal ini dijelaskan oleh Narasumber dari PBKP Perwakilan Sulawesi Tenggara
Ridwan, S.Sos., M.PW (Sekretaris Inspektorat Daerah Kab. Bombana) 

Ridwan mengatakan “Kemendagri bersama dengan BPKP telah mengembangkan sistem pengawasan keuangan desa yaitu siswaskeudes. Siswaskeudes ini dibuat untuk pembinaan dan pengawasan desa. Sebagai tindakan dan langkah antisipasi menyalahgunaan dana desa, "katanya.

Selain itu kata Sekretaris Inspektorat, Kemendagri Bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah mengembangkan sebuah sistem untuk mengawasi gerak dari dana desa yaitu melalui aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes).

program pembangunan di Desa dapat berjalan dengan lancar maka, perlu adanya pengawasan yang benar. "Ucapnya.

Harapannya di desa bisa mempertanggungjawabkan dan mengelola uang yang ada di desa dengan transparan dan akuntabel.
Selain itu juga Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut, inspektorat sebagai pihak yang melakukan pengawasan di Pemerintah Kabupaten Bombana ini dapat terbantu karena dana desa dapat terpantau melalui aplikasi SISWASKEUDES.

lebih jauh Ridawan menjelaskan, Siswaskeudes (Sistem Pengawasan Keuangan Desa). Aplikasi ini digunakan oleh APIP sebagai tools pengawasan atas pengelolaan keuangan desa dengan pendekatan berbasis risiko dan teknik audit berbantuan komputer. Siswaskeudes juga terkoneksi secara simultan.

Ia menambahkan, dengan Siskeudes, dan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan oleh APIP Dalam hal ini Inspektorat Kab. Bombana.

Siswaskeudes akan membantu APIP Daerah dalam menentukan prioritas desa yang diaudit dan mengetahui titik kritis pengelolaan keuangan desa. Selain itu, waktu audit juga akan lebih singkat dan dokumentasi kertas kerja, serta hasil pengawasan terdigitalisasi.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda