Dimasa Pandemic, Kec. Rumbia Gelar Jambore PKK

Dimasa Pandemic, Kec. Rumbia Gelar Jambore PKK

Dimasa Pandemic, Kec. Rumbia Gelar Jambore PKK

Penulis : Nursia Sinaga

Ditengah-tengah masa Pandemi, Pemerintah Kecaamatan Rumbia tidak menurunkan niat untuk tetap berinovasi, salah satunya adalah menggelar kegiatan Jambore dan Arisan PKK Kecamatan yakni dengan melibatkan beberapa orang kader PKK saja dari masing-masing PKK Kelurahan dan Desa. 

Dari Total kader PKK yang hadir berjumlah 15 orang, terdiri dari 1 desa dan 4 kelurahan se Kecamatan Rumbia. Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Rumbia, Dahriana Amiruddin, S.Pd menyampaikan idenya terkait dengan pelaksanaan Jambore PKK Kecamatan di masa pandemic Covid-19.

“Alhmadulillah meski arisan PKK kita tak sebanyak biasanya namun saya sangat mengapresiasi setiap perwakilan masing-masing desa dan kelurahan yang hadir saat ini. Sangat saya maklumi sekali, ditengah pandemic Covid 19 kita usahakan hindari kerumunan. "ungkapnya saat memberi Sambutan di aula rapat kecamatan, Rabu, 23/9/2020

Ibu-ibu kader PKK yang saya banggakan, awalnya saya ingin sekali mengadakan berbagai varian lomba yang bertujuan membangun silaturahmi semua kader PKK se-kecamatan Rumbia, namun kata Ketua PKK kecamatan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tujuan utama Jambore PKK adalah membangun silaturahmi sebagai awal sinergisitas kerja sukarela kita bergiat di PKK. 

Lanjut, Namun dikarenakan pandemic covid 19 yang tak kunjung surut maka desain giat Jambore PKK tetap dilakukan dengan tanpa adanya kerumunan. 
"Kegiatannya akan diadakan di masing-masing kelurahan dan desa. Dan lagi-lagi saya tekankan tidak boleh ada kerumunan, "tegasnya.

Beberapa rencana kegiatan lomba jambore PKK yang akan diselenggarakan ada 4 yakni Lomba mencuci tangan yang baik dan benar, Lomba Pemanfaatan Halaman Rumah Tangga, Lomba Kebun PKK, dan Lomba Drama “Protokol Kesehatan” dengan pemeran pemain drama paling banyak 4 orang. 

Dahriana menjelaskan, Panitia penilai masing-masing kegiatan juga hanya berjumlah 2 orang sehingga dapat dipastikan kegiatan akan berlangsung dengan tanpa melibatkan kerumunan warga. Rangkaian kegiatan ini direncakanan akan dilakukan pada Oktober 2020 mendatang tentunya dengan tetap melihat situasi masa pandemic.

" Lagi-lagi ini adalah ide membangun kreatifitas kader PKK Desa dan Kelurahan, yang diharapkan juga dapat menjadi satuan tugas (satgas) pencegahan penyebaran Covid 19 di keluarga masing-masing. 

Dimasa pandemic kali ini ada tambahan tugas bagi kita semua, Kita harus menjadi satuan tugas (satgas) pencegahan penyebaran covid 19 di keluarga kita masing-masing dengan cara mengajak semua anggota keluarga kita agar dalam kesehariannya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga kegiatan Lomba Jambore PKK Kecamatan Rumbia kali ini memang sengaja saya desain agar masing-masing Rumah Tangga yang bergiat. 

Supaya gerakan pencegahan Covid 19 membooming lagi di Kabupaten Bombana ini, Semua kita pun dapat tersadar agar tetap waspada Covid 19” tutup Ketua TP PKK Kecamatan yang saat ini tengah menjalani jabatanya sebagai kabid di Dinas BKPSDM Kabupaten Bombana.

Setelah kegiatan arisan PKK Kecamatan berakhir, selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Rumbia didampingi Camat Rumbia, berkeliling di Kebun PKK Desa dan Kelurahan yang letaknya memang persis di belakang kantor Camat Rumbia. Semua desa dan kelurahan memang tengah berbenah meperbaiki pagar kebunnya, menanam dan merancang kebun PKK masing-masing sejak beberapa bulan lalu. 

Lagi-lagi, Dahriana yang supersibuk ini menyampaikan arahannya terkait dengan pola menanam yang seharusnya dilakukan di Kebun PKK. Katanya, sebaiknya Kebun PKK ditanami dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga), warung hidup dan ada lahan lumbung hidup. "tutupnya.
 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda