Peletakan Batu Pertama, H. Tafdil  Jadikan Rumah Adat Sebagai Pusat Belajar Kebudayaan Moronene

Peletakan Batu Pertama, H. Tafdil  Jadikan Rumah Adat Sebagai Pusat Belajar Kebudayaan Moronene

Peletakan Batu Pertama, H. Tafdil  Jadikan Rumah Adat Sebagai Pusat Belajar Kebudayaan Moronene

Kominfo, Bombana - Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Adat Moronene di kelurahan Taubonto, kecamatan Rarowatu, kabupaten Bombana, Kamis, (24/9/2020) pada pekan lalu.

Dalam kegiatan ini Bupati Bombana H.Tafdil, mengatakan bahwa simbol dan cirikhas Rumah Adat Moronene tidak boleh di ubah atau ditambah, karena ini adalah kesepakatan leluhur kita yang harus terpelihara.

Kata Bupati H. Tafdil, Rumah adat moronene ini kita bikin sesuai dengan standar. Jadi Pembangunannya rencana kita rampungkan sebelum masa jabatan saya berakhir. 
"Dan itu juga tujuannya adalah untuk melengkapi darma bakti saya kepada kabupaten Bombana. sekaligus kenang-kenangan saya nantinya, "ucap Tafdil.

Bangunan Rumah adat tersebut akan menggunakan kayu dengan kualitas terbaik untuk memastikan bangunan tersebut tidak mudah lapuk dan rusak, karena tempat ini akan kita pakai selamanya. "disini juga kita akan jadikan pusat belajar kebudayaan Moronene agar kebudayaan Moronene tidak fakum, "ujarnya.

Menurut Bupati dua periode ini, suatu Daerah itu harus memiliki simbol dan ciri khas sebagai pembeda dengan suku lain. olehnya itu saya bertekad untuk menonjolkan ciri khas tersebut melalui rumah adat.

Dalam kegiatan ini Camat Rarowatu Zakir, mengatakan Rumah adat adalah bangunan yang merupakan ciri khas sebuah suku, Rencananya rumah adat yang berukuran 14X27 Meter akan di jadikan pusat kegiatan kebudayaan Moronene serta digodok menjadi destinasi wisata kebudayaan sukuTertua didaratan Sulawesi Tenggara ini.

"kalau sudah jadi kata camat Rarowatu kita akan jalankan kalender festival budaya seperti apa yang sudah berjalan selama ini di Tangkeno, "kata Zakir

saat peletakan batu pertama, selain Raja Moronene di Bombana atau Paino Rumbia, turut hadir Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, kepala Bagian Ekonomi Pembangunan kabupaten Bombana, Kapolsek Rarowatu, Kepala UPTD pertanian, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, para kepala Desa se-kecamatan Rarowatu dan para pemangku adat yang ada di kecamatan Rarowatu

Laporan : Narwanti
Sumber : Admin Kec. Rarowatu

Download File: 011020_130454_IMG_20201001_140633.jpg

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda