Imam Masjid Babul Khair Desa Toburi, di tentukan layaknya Pemilu.

Imam Masjid Babul Khair Desa Toburi, di tentukan layaknya Pemilu.

Imam Masjid Babul Khair Desa Toburi, di tentukan layaknya Pemilu.

Penulis : Nyoman
Sumber : Kec. Poleang Utara

Kominfo, - Desa Toburi – Unik dan sangat demokratis, itulah kata yang mungkin tepat untuk menggambarkan proses pemilih Imam Masjid yang digelar Jamaah Babul Khair Desa Toburi Kec. Poleang Utara, Jum'at (09/10/2020).

Layaknya Pemilu, proses pemilihan melewati berbagai tahap yang diawali dengan Pendaftaran Calon Imam yang akan ikut berkontestan.

“Proses tahapan dimulai tanggal  5/10/202 lalu dan total semua tahapan hingga hari pencoblosan atau pemilihan ada 5 hari,” kata ketua panitia pemilihan Imam Masjid Babul Khair Desa Toburi Aksan Ali, S.Pd.

Aksan Ali menjelaskan, selain tahapan pendaftaran calon, juga ada tahapan penentuan pemilih yang di tentukan lewat Musyawarah terlebih dahulu Pada tanggal 4/10/2020.

Dimana dalam musyawarah telah di sepakati bersama bahwa jamaah yang memilih hanya 20 orang perwakilan di setiap dusun hingga jumlah pemilih 100 jamaah yang tersebar di lima dusun di Desa Toburi, Juga Penentuan Nomor Urut di Sesuaikan Nomor Pendaftaran.
“Nomor urut 1 Muh.Jufri K., nomor urut 2 H.M.Yakub Ishak,” imbuh Ketua Panitia.

Tahapan demi tahapan telah di lewati, hingga Proses Pemilihan di lakukan pada Jum'at ,09/10/2020 sekira pukul 14.00 Wita 

Usai pemilihan Langsung dilakukan penghitungan Suara, dimana suara tercoblos hanya berjumlah 67 Suara termasuk suara 2 suara Calon imam Masjid Babul Khair Desa Toburi.

Dari hasil Penghitungan Nomor Urut 1 (Muh.Jufri K.) Memperoleh Suara sebanyak 50 Suara sedangkan Nomor Urut 2 (H.M.Yakub Ishak) memperoleh 17 Suara. Dengan demikian Imam Masjid Babul Khair dimenangkan Oleh Muh.Jufri K.

Ketua Panitia Menjelaskan Alasan menggelar pemilihan, dikarenakan dalam pemilihan Imam tak ditemukan kesepatakan sehingga muncul ide memberikan wewenang kepada jamaah untuk memilih Imam.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda