Pemenuhan Gizi Keluarga, Ketua PKK Rumbia Optimalkan Kebun PKK dan Halaman RT.

Pemenuhan Gizi Keluarga, Ketua PKK Rumbia Optimalkan Kebun PKK dan Halaman RT.

Pemenuhan Gizi Keluarga, Ketua PKK Rumbia Optimalkan Kebun PKK dan Halaman RT.

Penulis: Nursia Sinaga

Senin, 12 Oktober 2020 telah dilaksanakan kegiatan pembukaan Jambore PKK Kecamatan Rumbia di Aula Pertemuan Kantor Camat Rumbia. Kegiatan Jambore dibuka langsung oleh Ny. Dahriana Amiruddin, S.Pd selaku Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Rumbia. Semua Ketua TP-PKK bersama kader PKK Desa dan Kelurahan turut sreta menghadiri kegiatan pembukaan, jumlah peserta pembukaan Jambore PKK mencapai 60 orang.

Kegiatan Jambore PKK dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antara kader yang ada, sehingga mereka dapat saling mengisi, bekerjasama, dan saling bertukar pikiran dan pendapat dalam menjalankan 10 program pokok PKK. Hal ini diungkapkan ketua PKK kecamatan Dahriana, S.Pd

Selain itu kata Dahriana, Jambore PKK ini bertujuan untuk memilih para kader yang tangguh, ulet, terampil dan inovatif. "Kegiatan Jambore PKK Kecamatan Rumbia ini adalah pertamakali dilaksanakan secara mandiri, sebelumnya hanya sebatas menjadi peserta kegiatan Jambore PKK Kabupaten saja. "ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan Jambore PKK kali ini adalah inisiasi Ketua TP PKK Kecamatan Rumbia sebagai upaya mengaktifkan kader PKK se-Kecamatan Rumbia. 

Menurutnya, Ada banyak variasi kegiatan yang sudah direncanakan namun karena masih dalam masa pandemic covid 19, namun saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan mendesain kegiatan yang seyogyanya tidak menimbulkan kerumunan massa yang banyak dan tentunya selalu mengedepankan kampanye pencegahan penyebaran Covid 19."kata Dahriana Amiruddin

Senada hal ini, tema yang diusung Jambore PKK Kecamatan Rumbia tahun ini yakni ”Ayo Cegah Penyebaran Covid 19 mulai dari keluarga, budayakan pakai masker, cuci tangan dan hindari kerumunan serta penuhi kebutuhan gizi keluarga melalui kebun PKK”.

Terdapat 4 jenis kegiatan yang akan diperlombakan selama kegiatan Jambore PKK Rumbia berlangsung yakni, pertama, Lomba Kebun PKK antar Desa/Kelurahan, kedua; Lomba Pemanfaatan Pekarangan RT, ketiga; Lomba cara mencuci tangan yang baik dan benar dan yang keempat ; lomba drama protokol kesehatan. Dari beberapa jenis kegiatan tersebut, Penilaian lomba akan diadakan pada 19 s.d 24 Oktober 2020 mendatang. 

Harapan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana bersedia terlibat dalam pelaksanaan penilaian.
“Ibu-ibu perlu saya sampaikan bahwa rangkaian kegiatan Jambore PKK Rumbia, utamanya terkait dengan Lomba Kebun PKK dan pemanfaatan halaman rumah tngga sudah saya komunikasikan secara lisan dengan Bu Dharma, nanti beliau yang teruskan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bombana. 

"Saya akan menyurat dan menunggu respon dari beliau setelah kita sepakati bersama tanggal penilaiannya”, ungkap Dahriana.

Berbagai upaya memang telah dilakukan oleh Ibu Dahriana dalam mengaktifkan kegiatan PKK, mulai dari pelaksanaan kegiatan Majelis Taklim, Arisan, Lomba Penyuluhan PAAR, Administrasi PKK, dan berbagai kegiatan lainnya hingga pelaksanaan Jambore PKK. Kesemuanya ini bertujuan agar masing-masing kader PKK Desa/Kelurahan mempunyai kesibukan positif yang dapat memberi kontribusi untuk keluarga masing-masing, tetangga dan kelompok sosial lainnya.

Lanjutnya, PKK adalah milik kita, wadah kita sebagai kader untuk belajar, berbuat, berkontribusi bagi keluarga, tetangga, bahkan bagi pemerintah daerah. Maka dari itu saya bersama pengurus PKK Kecamatan senantiasa memikirkan inovasi kegiatan yang bisa kita laksanakan dan bermanfaat. 
"Saat ini mengedepankan perlombaan kebun PKK dan pemanfaatan pekarangan, supaya pemenuhan gizi Masyarakat dapat terpenuhi. 

Dahriana menambahkan, Apalagi dimasa pandemic covid 19 kali ini, kita harus upayakan daya tahan tubuh selalu fit dengan makan makanan bergizi. Mari kita tanami pekarangan kita dengan tanaman yang bermanfaat yang bisa menjadi sumber pemenuhan gizi keluarga” ucap Ketua TP PKK Kecamatan Rumbia diakhir sambutannya.

Download File: 131020_165905_IMG_20201013_180110.jpg

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda