Penyusunan RKPD Kabaena Utara, Fokus Pada Anggaran Penanganan Covid dan Pembangunan Fisik

Penyusunan RKPD Kabaena Utara, Fokus Pada Anggaran Penanganan Covid dan Pembangunan Fisik

Penyusunan RKPD Kabaena Utara, Fokus Pada Anggaran Penanganan Covid dan Pembangunan Fisik

Kominfo, Kabaena Utara - Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa, Desa Wumbulasa Kecamatan Kabaena Utara, Gelar kegiatan tentang Musyawarah Desa dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun Anggaran 2021, yang digelar di gedung serbaguna Desa Wumbulasa pada Selasa, 6/10//2020. Hal ini dijelaskan Camat Kabaena Utara Hernawati.

Camat Hernawati, menjelaskan bahwa Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-DES ) Tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. pasalnya, Anggaran untuk Tahun 2021 Fokus pada penanganan covid -19 dan pemberdayaan. setelah itu baru pembangunan fisik, Mengingat Kegiatan ini merupakan kegiatan Rutin yang setiap Tahunnya dilaksanakan.

"jadi saya berharap kepada BPD, Tokoh Masyarakat agar dapat memaklumi kalau ada Usulan yang tidak dapat terdanai karna pada biasanya masyarakat disini di Desa Wumbulasa ini semangat sekali kalau mengusulkan program pembangunan di Desa ini, "kata Hernawati.

Selain itu kata Camat, kepada BPD Perangakat desa agar senantiasa mengsosialisasikan protokal kesehatan kepada Masyarakat terutama kepada pemerintah Desa Wumbulasa, perangkat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat harus tetap mengedepankan Protokol Kesehatan, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. "Mari kita saling menjaga, saling mendoakan agar Wabah ini cepat berlalu dari daerah kita semua. "tutur Camat Hernawati

Hal ini diungkapkan Kades Wumbulasa bahwa kita sebenarnya masih dilarang melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak tapi  rapat penyusunan RKP-DES itu suatu keharusan maka, rapat tahun ini kami undang hanya sebagian tokoh – tokoh masyarakat saja.
"karna mengingat protocol kesehatan harus diperketat karna kita ini masih dalam situasi pandemic Covid-19 yang melanda Dunia khususnya kab. Bombana.

Terkait soal Anggaran, Kata Kades, untuk pengusulan program bukan hanya di danai Anggaran Desa tapi kita harus sering dengan Kecamatan dan Kabupaten, agar anggaran yang kita usulkan sudah tepat sasaran.

Kepala Desa Wumbulasa yang juga menjabat sebagai sekcam Kabaena Utara ini menyampaikan agar masyarakat mengusulkan program – program yang paling prioritas, terutama yang di butuhkan masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. "ucapnya.

senada hal tersebut, Anggota BPD sebagai penampung Aspirasi masyarakat mengusulkan pembentukan Kembali BUNDES di Desa Wumbulasa karna dengan adanya BUNDES dimasa pandemic ini dapat meningkatkan Ekonomi, seperti petani cabe yang ada di Desa Wumbulasa, tidak dijual langsung ke konsumen tapi melalui BUMDES. BUNDES lah yang kelolah. Selain itu juga Petani Jambu tidak lagi dijual biji tapi Bundes sudah kelolah jual bentuk Kemasan.
"jadi lapangan kerja sudah pasti ada dan harga jambu mente tidak lagi dipermainkan oleh tengkulak dan begitu juga dengan petani Rumput Laut, Semoga usulan ini dapat di Respon oleh Kepala Desa dan masyarakat, "pintanya.

Kepala desa Menambahkan, bahwa kita akan membentuk Bundes dan Kelompok Karang Taruna diakhir Tahun ini. "Kita tinggal menunggu waktu yang tepat saja, agar semua program kegiatan kita dapat berjalan, "ungkap Kades Wumbulasa.

Kegiatan ini di hadiri Camat Kabaena Utara HERNAWATI, SH. Para Kepala Seksi Kecamatan Kabaena Utara, Pendamping Teknis Kec. Kabaena Utara ZAINAL, S.SOS, Bhabimkantibmas, Ketua BPD DARMAN, SPd bersama anggota dan Tokoh – Tokoh Masyarakat.

Laporan : Muh. Yunus
Sumber : Kec. Kabaena Utara
.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda