Meminimalisir Tingkat Kematian Persalinan Bayi, Bidan Membangun Mitra Bersama Dukun Bersalin

Meminimalisir Tingkat Kematian Persalinan Bayi, Bidan Membangun Mitra Bersama Dukun Bersalin

Meminimalisir Tingkat Kematian Persalinan Bayi, Bidan Membangun Mitra Bersama Dukun Persalinan

Laporan : Husain
Sumber : Kec. Tontonunu

Kominfo, Kec. Tontonunu - Membangun kemitraan Bidan dan Dukun bersalin adalah sebuah bentuk kerjasama Bidan dengan dukun yang saling menguntungkan dengan prinsip keterbukaan, kesetaraan dan kepercayaan dalam Upaya untuk menyelamatkan Ibu dan Bayi dengan menempatkan Bidan sebagai penolong persalinan dan menjadi di Fungsikan dukun dari penolong persalinan menjadi mitra dalam perawatan Ibu dan bayi pada aspek non medis.

“ Kemitraan  Bidan dan Dukun ini bertujuan untuk meningkatkan akses Ibu dan Bayi terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan peran Dukun dari penolong persalinan menjadi mitra Bidan. Kemitraan Dukun dan Bidan merupakan salah satu stategi untukmeningkatkan cakupan pertolongan persalinan oleh Tenaga kesehatan, kemitraan ini harus berjalan dengan baik “ hal tersebut disampaikan oleh Camat Tontonunu MUHULIFU, SP 

ketika menyampaikan sambutan sekaligus membuka Rapat Aula Kantor  UPTD KB Kecamat Tontonunu (14/10).
Lanjut “ Dukun Bayi merupakan orang yang dianggap terampil dan dipercaya oleh masyarakat untuk menolong persalinan dan perawatan Ibu dan Anak sesuai kebutuhan Masyarakat, keterampilan Dukun pada umumnya didapat melaluli turun  temurun. 

Menurutnya, Anggapan dan kepercayaan Masyarakat terhadap keterampilan Dukun berkaitan pula dengan sistem nilai budaya  Masyarakat pada umum diperlakukan sebagai budaya masyarakat setempat”.

“ Kemitraan  yang dibangun antara Bidan dan dukun bayi yaitu mengantarkan Calon ibu bersalin kebidang dan ikut mendampingi Ibu dalam proses persalinan dan dapat memberikan  kekuatan spritual melalui Do’a – Do’a dan Ritual Ada sehingga memberikan rasa nyaman dan aman pada Ibu yang akan melahirkan selain itu melakukan perawatan, pemberian Gizi, menolong persalinan, serta merawat Ibu dan bayinya  sesudah persalinan,  sehingga angka kematian Bayi Harus ditekan sedemikian Rupa jangan ada korban (Kematian) kemudian Kualitas pelayanan ditingkatkan “harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Tontonunu SURADI, SKM dalam sambutannya mengatakan “ Adapun Hambatan Transportasi untuk menjangkau Wilayah Desa Antar Dusun masih sulit jangkau kemudian tradisi masih ada dimasyarakat tidak mau melahirkan di Puskemas. nah ini, perlu ada kerjasama antara pemerintah Desa, Bidan dan Dukun untuk mensosialisasikan dimasyarakat tentang kerjasama antara Bidan dan Dukun dalam hal persalinan.

Adapun bentuk kerjasama ini sejak lama dilakukan dalam hal pelayanan persalinan agar bersinergi. "jangan ada kehamilan dan kelahiran Bayi yang ditidak diketahui Oleh Bidan, "tutupnya.

Pada pertemuan tersebut, dihadiri Banbinsa Tontonunu Serda IKBAL para Dukun Bayi di Lima Desa dikecamatan Tontonunu.
 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda