Pemanfaatan Hasil Litbang Untuk Naskah Akademik

Pemanfaatan Hasil Litbang Untuk Naskah Akademik

Kominfo, Balitbang - Naskah Akademik merupakan hasil penelitian atau pengkajian hukum dan hasil penelitian lainnya terhadap suatu masalah   tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah  mengenai pengaturan masalah tersebut dalam suatu Rancangan Undang-Undang, Rancangan Peraturan Daerah Provinsi, atau Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota sebagai solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan hukum masyarakat, Selasa, (20/10/2020).

Focus Group Discussion (FGD) ini berlangsung di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bombana bertempat di Jalan Diklat Kel. Kampung Baru Kec. Rumbia Tengah yang dihadiri oleh Imam Radianto Anwar Setia Putra, ST., MM sebagai Peneliti Muda Bidang Kebijakan Publik-BPP Kemendagri, Balitbang Provinsi, Setda Bagian Hukum, Balitbang Kabupaten Bombana. 

Imam Radianto Anwar Setia Putra, ST., MM sebagai narasumber pada kegiatan ini mengatakan ada tiga (3) landasan hukum penyusunan naskah akademis, 1. Yuridis merupakan pertimbangan /alasan yang menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek. Landasan sosiologis menyangkut  fakta empiris mengenai perkembangan masalah & kebutuhan masyarakat dan negara; 2. Politis, merupakan pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk untuk mengatasi permasalahan hukum/mengisi  kekosongan hukum dengan mempertimbangkan aturan yang telah ada, yang akan diubah, atau yang akan   dicabut guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat;
3. Filosofi : pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk mempertimbangkan pandangan  hidup,   kesadaran, dan cita hukum yang meliputi suasana kebatinan serta falsafah bangsa Indonesia yang bersumber dari Pancasila dan   Pembukaan UUD 1945.

Dr. Muslimin, S.Ag., M.Pd., M.Si yang dihubungi di ruang kerjanya disela-sela acara berlangsung mengemukakan bahwa pihak-pihak yang berkompeten    dalam penyusunan Naskah Akademik   adalah kalangan akademisi di  Perguruan-Perguruan Tinggi. "Perguruan Tinggi mempunyai peran penting dalam penyusunan Naskah Akademik, yang kemudian saling  terkait erat sebagai bagian penting dalam pembentukan Perda Kabupaten/Kota, "ungkapnya.

Menurut Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui  bagaimana kedudukan  dan  proses pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dan apa urgensi  naskah akademik dalam     pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normative disimpulkan bahwa Pembentukan peraturan perundang-undangan terkait erat dengan system peraturan perundang-undangan yang terus  mengalami perubahan. 

Kata Muslimin, adapun Jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2011,  telah memisahkan Jenis dan hierarki  Perda Provinsi dengan jenis dan hierarki Perda Kabupaten/Kota Naskah Akademik menjadi bahan  masukan, bahan pembanding dan bahan acuan dalam proses perencanaan pembentukan Perda Kabupaten/Kota (RanPerda Kabupaten/Kota), karena sebagai hasil penelitian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Naskah Akademik sangat penting menciptakan Perda Kabupaten/Kota   yang baik dan juga berkualitas.  Dimana Naskah Akademik  bukan  hanya menjadi bagian dari bentuk partisipasi masyarakat dalam hal mengakomodir partisipasi masyarakat namun Naskah Akademik juga membantu Pemerintah  Daerah  bersama  DPRD mengingat suatu naskah ilmiah. 

Muslimin menjelaskan, Dalam penyusunan Naskah Akademis, perlu memperhatikan Sistematika penulisan, seperti Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Teoretis dan Praktis Empiris, Bab III Evaluasi dan Analisis Peraturan Perundang-Undangan Bab IV, Landasan  Filosofis, Sosiologis dan Yuridis, Bab V Jangkauan, Arah, Pengaturan, dan    Ruang Lingkup Materi Muatan Undang-Undang, Peraturan Daerah    Provinsi, atau Peraturan Daerah Kabupaten/Kota, Bab VI Penutup Daftar Pustaka

Penulis : (Sukardi)

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda