Kadis Dukcapil, Beri Kado Khusus Kepada Anak Berkelahiran 10 November

Kadis Dukcapil, Beri Kado Khusus Kepada Anak Berkelahiran 10 November

Kadis Dukcapil, Beri Kado Khusus Kepada Anak Berkelahiran 10 November

Kominfo, Dukcapil - Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke 75, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana memberikan hadiah Ulang Tahun kepada 3 Anak di Kabupaten Bombana yang lahir tanggal 10 November, hadiah tersebut berupa Kartu Identitas Anak (KIA) dan sebuah bingkisan yang diserahkan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bombana Selasa, 10 November 2020.

Adapun ke 3 anak tersebut adalah Nur Akmala Idham kelahiran Kendari 10 November 2007 beralamat Kelurahan Lampopala Kecamatan Rumbia, Aisyah Sahwalia kelahiran Kastarib 10 November 2005 beralamat Kelurahan Kastarib Kecamatan Poleang dan Kalingga Mahesa Putri kelahiran Unaaha 10 November 2012 beralamat Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia.

Kegiatan dihari Besar seperti ini, khususnya di hari pahlawan kami lakukan untuk menghormati jasa para pahlawan Kemerdekaan Indonesia, kata Kadis Dukcapil Firdaus, S.Pd setelah menyerahkan hadiah. “jadi bukan semata-mata hanya untuk meningkatkan capaian kepemilikan Dokumen Kependudukan khususnya KIA, karena kami di tahun 2020 ini sudah melampaui batas capaian kepemilikan KIA yaitu dari 20% yang ditargetkan oleh kementerian Dalam Negeri RI melalui Dirjen Dukcapil, namun kami saat ini sudah mencapai 22% kepemilikan KIA,” jelasnya.

Kadis menambahkan bahwa dengan melayani dan melihat anak-anak yang berkelahiran 10 November akan mengingatkan kita terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan dengan bertaruh nyawa demi memerdekakan Indonesia. “ saya ucapkan selamat berulang tahun anak-anak yang berkelahiran 10 November semoga kalian selalu dalam lindungan Allah Swt. Dan kalian semua menjadi anak yang berguna bagi Agama, Bangsa dan Negara,” pintanya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Sri Patonah, S. Kom menjelaskan, Program ini merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal pentingnya memiliki KIA. Di satu sisi kami memperingati hari pahlawan dengan cara pelayanan seperti ini disisi lain kami bisa menjelaskan manfaat KIA. 

“secara umum KIA memiliki manfaat yang sama dengan KTP-el menurut Permendagri Nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak konstitusional anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak,” tutupnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda