APARATUR KECAMATAN DAN KELURAHAN IKUTI PELATIHAN SERTIFIKASI BARANG DAN JASA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Bupati Bombana H. Tafdil, SE,MM saat membuka pelatihan Barang dan Jasa lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana.( Foto : Herry ).

Rumbia. Pelatihan dan Ujian Setifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana akan membantu mengembangkan kualitas sumber daya aparatur pemerintah bidang pengadaan barang dan jasa, hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Husrifnah Rahim saat melaporkan pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut di hadapan Bupati Bombana di Gedung Serba Guna hari ini (5/12).

Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan Pemkab Bombana yang bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) kata Husrifnah selain meninkatkan kualitas SDM, pelatihan barang dan jasa akan sangat membantu pihak pemerintah dalam merekomendssikan sistem dan prosedur pemilihan penyedia barang dan jasa.

” dengan pelatihan ini pula maka pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pihak pemerintah daerah akan lebih terukur ” ujar Husrifnah.

” Pelatihan ini juga di ikuti Camat. Sekcam,Lurah dan Sekertarisnya ” tambah Kepala Bagian Pembangunan Setda Kab. Bombana ini.

Senada, Bupati Bombana H. Tafdil menuturkan pelatihan yang disertai ujian sertifikasi kali ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dsn program nyata pemerintah kabupaten bombana dengan mengalokasikan dana demi terciptanya peningkatan keahlian dan keterampilan sumber aparatur yang dimiliki pemerintah.

Begitu pentingnya pelatihan tersebut, Pemilik DT 1 K ini mencontohkan banyaknya kegiatan yang tersebar di beberapa SKPD dan Kecamatan pada tahun ini diambil alih Sekretariat Daerah, dirinya beralasan hal tersebut tidak lepas dari kurangnya sumber daya aparatur instansi terkait yang belum memiliki sertifikasi, sehingga mau tidak mau kegiatan yang sudah di anggarkan harus berjalan.

” kita tidak ingin membangun dengan menyisahkan persoalan, bisa di bayangkan jika tender dilakukan oleh panitia dan PPK yang tidak bersertifikasi maka yang akan muncul sekelumit masalah dan bisa melibatkan banyak pihak ” terang H. Tafdil.

Lebih jauh, H. Tafdil mengungkapkan sasaran kegiatan ini akan membawa dampak perubahan yang cukup signifikan utamanya terciptanya transparansi pengelolaan keuangan daerah.

” kita inginkan anggaran yang digelontorkan daerah bisa lebih efisien, efektif dan tepat guna ” ujarnya.

Pelatihan Barang dan Jasa yang dilaksanakan Pemkab Bombana selain mengikut sertakan Camat, Sekcam, Lurah dan Sekretaris Lurah, pelatihan yang dilaksanakan dari tanggsl 5 – 8 Desember juga di ikuti beberapa instansi yang belum memiliki panitia dan PPK yang memiliki sertifikasi antara BPKAD, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Satpol -PP, BKD dan BPMP Kab. Bombana.

” saya berharap agar pelatihan ini di ikuti secara cermat, karena ujian ini banyak menggunakan logika berfikir sebab kerap kita ketahui banyak yang sudah mengikuti ujian ini namun dinyatakan tidak lulus ” kata H. Tafdil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *