BAYAR PAJAK DAPAT MOTOR

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Wakil Gubernur Sultra H. Saleh Lasata memberikan penghargaan kepada Camat Kabaena. ( herry ).

Poleang, Perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana baik kepada aparatur pemerintah maupun masyarakat yang peduli akan pentingnya melunasi pajak sebagai salah satu sumber untuk melakukan pembangunan terbilang tidak tanggung – tanggung, pasalnya selain memberikan penghargaan kepada aparatur pemerintah, sejak terbentuk sembilan tahun silam, melalui Dinas Pendapatan Daerah masyarakat juga berkesempatan untuk memperoleh hadiah melalui door prize dengan berbagai macam hadiah.

Tujuh dari dua puluh dua kecamatan yang ada di bombana menerima penghargaan dari Dinas Pendapatan Daerah Kab.Bombana atas realisasi target PAD dan merupakan daerah yang memperoleh persentase tertinggi besaran tagihan  objek pajak berdasarkan objek pajak daerah masing-masing. yang diserahkan langsung  Wakil Gubernur Sultra H. Saleh Lasata saat menghadiri HUT Kab. Bombana ke 9 kemarin (18/12)  di kecamatan Poleang.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kab. Bombana Drs. Man Arfa mengatakan ketujuh kecamatan tersebut berhak mendapat penghargaan dari pemerintah daerah atas usaha dan kontribusinya dalam mencapai target Pendapatan Asli Daerah masing-masing, terlebih lagi kata Man Arfa saat ini memberikan pemahaman tentang kesadaran membayar pajak tidak semudah yang di bayangkan.

” prestasi seperti perlu kita beri apresiasi dan penghargaan  atas pencapaian yang sudah diraih, agar menjadi motivator sehingga bisa memacu dalam pencapaian target pajak masing masing daerah di tahun depan” kata Man Arfa saat ditemui disela penyerahan piagam.  

lanjut, Man Arfa menjelaskan konstribusi yang di berikan ketujuh kecamatan tersebut tidak bisa di pandang sebelah mata, pasalnya dengan pencapaian yang melampaui seratus persen sudah sangat membantu pencapaian target pajak secara keseluruhan tahun ini.sedangkan tahun depan untuk PBB yang ditargetkan Dispenda sebesar 700 juta, dan secara keseluruhan 1.348.000.000,- yang bersumber dari berbagai sektor seperti pajak Hotel, Rumah Kost, Restoran dan sumber pajak lainnya, Drs. Man Arfa mengaku  bisa mencapai target tersebut.

” kami optimis tahun depan bisa mencapai target yang sudah ditetapkan dengan menggerakkan seluruh komponen yang ada, ” terangnya.  

Diketahui, bukan hanya kepada para camat penghargaan prestasi raihan target PAD  diberikan,namun terdapat 44 kelurahan dan desa yang tersebar di  tiga pilar menerima penghargaan serupa, Penghargaan yang diserahkan langsung Wagub Sultra  usai puncak acara HUT Kab. Bombana ke 9 di Kecamatan Poleang diterima tujuh kecamatan berprestasi yang mencapai target PAD diantaranya, Kecamatan Kabaena, Kecamatan Kabaena Selatan, Kecamatan Poleang, Kecamatan Rumbia, Kecamatan Tontonunu, Kecamatan Kabaena Barat dan Kecamatan Masaloka Raya, sedangkan untuk para Kepala Desa dan lurah di serahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta Ketua DPRD Kab.Bombana.  

Terpisah,  Bupati Bombana H. Tafdil memberi apresiasi kepada seluruh camat, lursh dan kepala desa yang sudah dianggap memberikan konstribusi terhadap pembangunan daerah dengan merealisasikan target PAD bahkan bisa melampaui target yang sudah di tetapkan. Dirinya berharap agar seluruh  kecamatan yang belum mencapai target tersebut agar bisa mengikuti langkah yang ditempuh kecamatan yang sudah meraih target PAD.

” saya berharap penghargaan ini tidak menjadi sebuah kebanggaan semata, namun hal ini  dijadikan sebagai motivator agar target realisasinya PAD bisa lebih meningkat, baik kecamatan yang sudah dianggap telah berhasil maupun belum mencapai targetnya tahun ini ” Kata H. Tafdil.

Dia ( H. Tafdil ) mengaku merasa bangga akan tingginya tingkat kesadaran masyarakat bombana untuk taat pajak, namun  kata H. Tafdil pencapaian tersebut tidak lepas dari peran serta unsur aparatur pemerintah utamanya Dispenda yang di percaya menangani masalah pajak di bombana.

Selain memberikan Penghargaan, Dispenda Bombana juga mengadakan door prize terhadap masyarakat yang sudah melunasi pajaknya, Untuk hadiah Utama 1 Unit Motor jatuh ke tangan Maseing dari desa Pulemo Kec. Poleang Timur, Hadiah Kulkas diterima Syukur dari Desa Sangia Makmur Kabaena Utara, TV 21 Inci diperoleh Jamaluddin Desa Tampabulu Polut, Kompor Gas diraih Anggu masih dari Tampabulu Polut dan reskuker diraih Supardi Desa Bambamolingku Polbar serta beberapa hadiah hiburan lainnya. ” terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak, sebab disadar atau tidak masyarakat sudah berkontribusi yang dalam pembangunan ” Tambah H. Tafdil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *