BELUM TETAPKAN PERDA PILKADES, P3D SAMBANGI WAKIL RAKYAT

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Molornya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bombana membuat sejumlah pihak menyambangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Bombana mempertanyakan Peraturan Daerah yang hingga saat ini belum dibahas.

Koordinator aksi Pergerakan Pemuda Pemerhati demokrasi ( P3D) Asri menyebutkan seharusnya Peraturan yang mengatur Pemilihan Kepala Desa sudah ditetapkan, namun hingga saat ini hal tersebut belum dilakukan pihak DPRD Bombana, bahkan dirinya mengaku merasa heran dengan sikap DPRD Bombana yang mendiamkan hal tersebut, sehingga telah menimbulkan berbagai dampak ditengah – tengah masyarakat.

“ bayangkan saja sudah banyak orang di desa yang mempertanyakan kapan Perda tersebut ditetapkan karena penetapan Perda tersebut bukan hanya menyangkut siapa yang akan menjadi kepala desa namjn sangat berimplikasi dengan proses pembangunan di desa “ terang Asri.

Menanggapi hal itu, salah seorang Anggota DPRD Bombana dari Partai Golkar Heryanto Nompa, S. KM yang menerima pendemo di Kantor DPRD Bombana berkilah belum ditetapkannya Peraturan Daerah tersebut tidak lain disebabkan banyaknya aspek yang perlu dipertimbangkan, sebab dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Pengangkatan, Penetapan dan Pemberhentian Kepala Desa bukan hanya mengatur pelaksanaan pemilihan Kepala Desa saja, namun menyangkut tata cara pengngkatan Perangkat desa turut pula termaktub dalam aturan tersebut.

“ ini yang perlu dipahami semua pihak karena penetapan perda ini menyangkut semua tatanan yang ada di desa bukan hanya memilih kepala desa, jika kita salah dalam menetapkan aturan ini tanpa kajian ang lebih dalam maka yang rugi juga masyarakat “ kata Heryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *