BERKARYA MEMAJUKAN KAUM PEREMPUAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Adanya suatu ungkap bahwa kesuksesan seorang pria dalam menjalani sisi kehidupannya tidak akan pernah lepas dari pengaruh besar seorang wanita yang selalu menyokongnya memang benar adanya, apakah ini suatu kebetulan atau memang menjadi sebuah garis takdir yang harus di terima Ibu dari dua orang Putra dan dua orang Putri ini, sosok yang satu ini merelakan dirinya berperan ganda dalam setiap kehidupan yang ia jalani saat ini, bukan hanya menjadi miliki keluarga kecilnya, namun menjadi pula miliki seluruh masyarakat Bombana, dialah Hj. Andi Nirwana Tafdil.

Sejak diberi amanah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana,                  Hj. Andi Nirwana Tafdil bergerak cepat untuk memulai aktivitas dalam memajukan peran kaum perempuan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Bagi wanita kelahiran Watampone, 28 Mei 1970 ini, dirinya menyadari sepenuhnya bahwa jabatan yang melekat harus dibarengi dengan kerja keras dalam memulai dan menyelesaikan rencana serta program kerja  organisasi yang dipimpinnya.

Sosok sederhana dan bersahaja yang mewarnai keseharian Hj. Andi nirwana Tafdil, SP, MM, patutlah menjadi contoh bagi masyarakat Sultra. Sebagai istri Bupati Bombana, Andi Nirwana begitu menghargai perempuan sebagai modal dasar dalam membangun negeri.

Dimatanya, seorang perempuan harus pandai dan terampil ketika berada di rumah dan masyarakat tempatnya bergaul. Perempuan harus pandai menempatkan diri dalam bergaul di masyarakat. Ketika sudah memiliki pengetahuan yang baik dalam bersikap didepan banyak orang, maka dalam keluarga pun, seorang perempuan akan mampu berbuat yang terbaik bagi suami dan anak-anaknya.

Memegang peranan sebagai seorang istri bagi suami dan ibu ke empat anak-anaknya, diakui Andi Nirwana, tidaklah mudah. Namun, satu hal yang menjadi pegangan ibu anak ini, seorang istri harus mampu membuat nyaman suami, Apapun profesi dan kesibukannya, seorang suami yang menjadi tulang punggung dan panutan dalam keluarga, harus bisa dibuat nyaman saat berada di rumah.

Begitupun dengan anak-anak, seorang ibu tentunya memiliki peranan kontrol lebih terhadap anak-anaknya. Jadi, sikap dan perilaku ibu, menjadi panutan dan paling diikuti oleh anak-anaknya.

“Seperti yang selalu saya lakukan kepada anak-anak ketika menunjukkan sikap sebagai seorang ibu, saya harus memberi contoh yang baik. Anak-anak harus dibimbing untuk selalu tidak melupakan  orang tuanya dan Allah SWT,” katanya.

Belajar mengingat Allah sebagai pencipta dan maha kuasa atas segala sesuatu, dikatakan Andi Nirwana, sangatlah penting diberikan kepada anak-anak. Menurutnya, anak akan tumbuh dewasa dan fondasi pemahaman agama yang kuat sejak masih kecil, akan berpengaruh pada saat mereka tumbuh dewasa nantinya.

Wanita yang meraih Penghargaan Kartini Award 2013 ini mengaku telah melakukan berbagai hal yang berpihak pada pembangunan masyarakat yang sejahtera dan berkarakter. Lulusan Magister Manajemen Universitas Indonesia Timur tahun 2010 membeberkan bahwa kunci kesuksesan seorang wanita adalah “memiliki kepribadian yang kuat, paham tentang etika pergaulan, dan memiliki kecerdasan yang berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, serta rasa empati terhadap sesama adalah modal dasar yang harus di miliki setiap orang”.

Hidup seperti dua sisi mata uang, tidak banyak membawa pengaruh pada dalam kepribadian Ketua Dekranasda ini, dirinya selalu focus pada apa yang ia tekun, lihat saja Hasilnya, sederet prestasi gemilang telah diraih TP. PKK Kabupaten Bombana selama periode kepemimpinan isteri Bupati Bombana (H. Tafdil) ini, seperti juara 1 (satu) lomba Posyandu selama dua tahun berturut-turut dan juara 1 (satu) lomba KSI/GSI tahun 2012 serta prestasi lain yang patut di apresiasi.

“ ingat, apapun pekerjaan yang kita hadapi, sesibuk apapun masalah yang harus kita jalani baik itu sebagai pejabat di suatu instansi, maupun yang bergerak di bidang wirausaha, kita telah di takdirnya menjadi seorang ibu, maka jagalah hak – hak seorang ibu yang melekat pada diri kita “ pesannya.

Komentar