PEMKAB GELAR UJI KOMPETENSI, JABATAN ESELON IV DAN III KEMBALI DIPEREBUTKAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Banyaknya Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) yang mengabdikan diri di Bombana yang sudah layak untuk menduduki suatu jabatan  berdasarkan kepangkatan  dapat bernafas lega, sebab  hari ini (1/4) Pemkab Bombana melalui Badan kepegawaian Daerah kembali menggelar Uji Kompetensi untuk yang ketiga kalinya yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Rumbia.

Kepala BKD Bombana Rusman, S.Pd. M. Si selaku Ketua Panitia Uji Komptensi tersebut dalam sambutannya mengatakan Uji kompetensi yang dilaksanakan kali ini merupakan rangkaian dari uji komptensi yang sudah dilaksanakan  tahun lalu, sehingga proses lelang jabatan untuk Eselon IV dan III bukan lagi merupakan suatu hal yang asing dalam penataan birokrasi di Bombana.

“ Uji Komptensi ini merupakan salah satu syarat mutlak bagi seorang PNS dalam mengemban suatu jabatan “ kata Rusman, S. Pd.

Lanjut, Mantan Kepala Dinas Nakertransos Bombana ini menambahkan untuk melihat kompetensi seseorang, lelang jabatan merupakan salah satu cara untuk mengukur sejauh mana standarisasi kemampuan seorang PNS dalam menduduki jabatan yang di inginkannya, terlebih lagi melalui lelang jabatan ini ungkapnya proses penjejang karier PNS dapat terukur dengan baik.

“ Yang pasti lelang jabatan ini merupakan bagian dari tolok ukur pemkab dalam mengakomodir PNS yang dianggap cakap dan memiliki kemampuan dalam menduduki jabatan sesuai dengan kompetensinya “ lanjut pengganti Man Arfa di BKD Bombana ini.

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil, SE. MM yang membuka uji komptensi tersebut mengingatkan agar semnua peserta agar bersungguh – sungguh mengikuti lelang tersebut, bahkan  Bupati yang sudah tidak lama lagi masuk tahun ke empat memerintah di bombana ini berani mengransi bahwa proses penentuan lelang jabatan ini tidak bisa di intervensi bahkan oleh dirinya sendiri.

“ Tidak ada lagi namanya orang dekat Bupati yang bisa mendapat promosi  jabatan jika tidak lolos pada uji kompetensi, dan tidak ada lagi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ), artinya  siapa yang mampu pasti akan menduduki jabatan sesuai kompetensinya “ Kata H. tafdil.

Dirinya pun menekankan kepada semua PNS yang akan mengikuti uji komptensi kali ini selalu berkomitmen untuk kepentingan kemajuan daerah jika sudah menduduki suatu jabatan.

“ jangan maknai jabatan itu hanya sebagai  formalitas semata, saya ingatkan bawha setiap saat saya selalu mengevaluasi pekerjaan semua pejabat dan jika tidak mampu berbuat yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat  dan kemajuan daerah maka saya juga tidak segan – segan untuk melakukan pergantian “ pungkasnya.

Seperti diketahui, lelang jabatan kali ini memang cukup menyita perhatian  banyak pihak utamanya PNS yang sudah layak menduduki jabatan berdasarkan kepangkatannya, hal tersebut terlihat dari 111 jabatan yang di lelang baik itu eselon IV dan III, animo jumlah peserta cukup banyak , dari data yang diperoleh author website ini secara keseluruhan jumlah peserta yang mengikuti lelang jabatan sebanyak 169 orang, namu berdasarkan proses pemberkasan yang dilakukan pihak Panitia 22 orang diantaranya dinyatakan gugur disebabkan ada yang belum mencukup 2 tahun menduduki jabatannya, ada juga yang tidak menyerahkan bukti bebas temua dari Inspektorat Bombana sebagai salah satu syarat mutlak dari lelang jabatan ini.

“  Berkompetisilah secara sehat, yakinlah siapapun yang layak dan dianggap lolos dari seleksi ini maka pasti akan menduduki jabatan yang diinginkannya “ kata Bupati Bombana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *