BOMBANA KEBAGIAN 1500 SETIFIKAT GRATIS MELALUI PRONA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Masyarakat yang memiliki Tanah yang hingga kini belum bersertifikat  yang disebabkan persoalan ekonomi kini dapat bernafas lega, pasalnya melalui Kepala Badan pertanahan Nasional ( BPN) Bombana memberikan jatah pembuatan setifikat secara gratis kepada masyarakat melalui program Proyek Operasi Nasional Pertanahan ( Prona ) sebanyak 1500 sertifikat.

Saat di konfirmasi Kepala BPN Bombana, Herman Balalemba menuturkan jatah prona yang dibagikan tahun ini sama persis dengan jumlah yang dibagikan pada tahun lalu , sehingga dirinya berharap agar hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terlebih lagi dengan bantuan ini masyarakat akan sangat terbantu mengurus legalitas hak milik tanah mereka tanpa mengeluarkan uang sepersen.

“ dananya  kita ambilkan dari alokasi anggaran APBN tahun 2015 “ kata herman.

Lanjut  herman mengutarakan agar masyarakat bisa segera brekoordinasi dengan pihak terkait agar alokasi ini dapat dengan segera tersalurkan, pasalnya apabila jatah sertifikat gratis tersebut tidak disalurkan maka dirinya akan segera melaporkan ke Kanwil pertanahan untuk di carikan solusinya sehingga jatah terseut dapat digunakan.

“ konsekuensinya jika jatah Prona ini tidak disalurkan maka pihak kanwil akan mengambil alih kembali, namun apakahakan dipindahkan ke daerah lain atau terpaksa dikembalikan ke Negara itu menjadi gawean Kanwil “ terang mantan Kepala BPN Papua ini.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat mengusulkan tanah yang bukan masuk dalam kawasan hutan lindung agar prosesnya dalam memperoleh prona bisa dengan mudah diselesaikan.

“ maasalahnya terkadang kita temukan ada tanah yang masuk kawasan hutan lindung di klaim oleh warga dan hal ini yang paling kita hindari “ sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *