BOMBANA MASUK PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RUMBIA-Dari sejumlah Kabupaten yang masuk dalam kategori daerah Minapolitan, Kabupaten Bombana adalah salah satunya.

Hal ini dibuktikan dengan di adakannya Rapat Koordinasi (Rakor) Pokja Minapolitan Tingkat Kabupaten Bombana tahun 2013 di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bombana hari ini, kamis (31/10).

Rapat tersebut dihadiri, Staf Ahli Mentri Bidang Kemasyarakatan dan dan hubungan antar lembaga, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Ir. Iin Siti Djunaidah,M.Sc., Direktur Prasarana dan sarana perikanan budidaya dirjen perikanan KKP-RI, Ir. Dwika Herdikiawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Asisten Setda Bombana, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Kabupaten Bombana.

Rapat yang di Buka langsung oleh Bupati Bombana, H. Tafdil, SE., MM, mengungkapkan bahwa Bombana merupakan salah satu daerah yang dipercayakan sebagai daerah Minapolitan di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat karena telah mempercayakan Bombana sebagai salah satu daerah minapolitan,” kata H. Tafdil dalam sambutannya.

Menurut Bupati, kedatangan staf ahli kementrian bersama rombongannya ini, merupakan bentuk keseriusan pemerintah pusat untuk mengurus program ini.

“Bombana ini termasuk istimewa karena masuk dalam Minapolitan, sehingga kita perlu fokus industri apa yang harus kita lakukan kedepan, kedatangan tim ini semakin jelas, bahwa pemerintah pusat serius mengurus ini,” tambahnya dalam sambutannya.

Dikatakannya, Pemda akan berkomitmen untuk mensukseskan program tersebut.

“Kami sangat siap untuk mensukseskan program ini, penetapan strategis ini melibatkan SKPD,” tambahnya.

H. Tafdil menjelaskan, kalau Bombana kaya dengan hasil laut, disamping itu, Petani laut juga memiliki antusias yang tinggi, misalnya petani Karamba dan petani empang atau tambak.

“Kami sudah mendorong partisipasi masyarakat untuk membuat karamba, dalam dua tahun ini kami akan memberi bibit, ” ucap H. Tafdil seraya mengatakan kalau Pemda Bombana sudah siap seratus persen untuk masuk sebagai Minapolitan.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Mentri Bidang Kemasyarakatan dan dan hubungan antar lembaga, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Ir. Iin Siti Djunaidah,M.Sc., saat membawakan sambutannya, mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kesiapan Bapak Bupati Bombana, termasuk rasa syukur karena Bombana merupakan salah satu sumber atau kabupaten yang memiliki udang Windu.

“Kita harapkan Bombana bisa menjadi lahan usaha yang universal, dan adanya integrasi. Komitmen sudah terbangun untuk melanjutkan program ini ke daerah,” katanya dalam sambutannya seraya mengungkapkan masalah yang sering menjadi hambatan petani untuk berusaha adalah permodalan sehingga pihaknya membangun kerja sama dengan perbankan.

Ia berharap agar Bombana, bisa menjadi sentra udang faname dan udang windu. “kalau bukan kita, siapa lagi,” ungkap Iin Siti Djunaidah.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari kami bisa membantu kawasan yang masuk Minapolitan dapat terbantu, kami ucapkan terima kasih dari bupati karena sudah berkomitmen dengan program ini.,” tutupnya.

Komentar