BPBD SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Penanggulan bencana sejak dini sudah sangat perlu untuk di sosialisasikan kepada masyarakat, hal tersebut untuk menghindarkan dan meminimalisir jatuhnya korban jika suatu waktu karena perubahan iklim yang tidak menentu bisa menyebabkan bencana, hal tersebut di katakan Abu Kahar Kepala Badan Penanggulangan Badan Bencana(BPBD)Kab. Bombana saat ditemui di sela-sela sosialisasi pengurangan resiko bencana di gedung dekranasda baru – baru ini (8/8) yang di hadiri tim Badan Nasional Pusat Bencana (BNPB).  

Abu Kahar menjelaskan, Sosialisasi merupakan suatu program yang akan melibatkan berbagai unsur, baik itu instansi pemerintah maupun masyarakat. pasalnya sinergitas dalam mengurangi resiko bencana harus melibatkan berbagai unsur baik itu pemerintah, masyarakat, dan stack holder lainnya.  

Abu Kahar mengatakan bahwa besarnya dampak yang dirasakan oleh masyarakat saat terjadi bencana tidak terlepas disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya penanggulangan bencana. apalagi kata Abu Kahar terkadang bencana terjadi di sebabkan kelalaian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan mereka.  

” sosialisasi ini hanya ditujukan di empat kabupaten yang ada di sultra salah satunya Bombana ”  terang Abu Kahar.  

Dirinya pun meminta, agar masyarakat memahami program keselamatan dini untuk mengurangi resiko dari bencana yang terjadi tiba tiba, pasalnya jatuhnya korban jiwa ungkapnya tidak lain di sebabkan kelalaian dan kekurang pahaman masyarkaat menghadapi musibah yang datangnya tiba – tiba.  

” ini harus menjadi perhatian semua pihak, agar sejak awal bisa meminimalisir besarnya kerugian yang akan di alami saat bencana tiba tiba datang ” harap Abu Bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *