BUPaTI HADIRI RUPS BPR BAHTERAMAS BOMBANA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Pertumbuhan Bank Perkreditan Rakyat Bahteramas Kab. Bombana yang mengutamakan pengembangan usaha mikro di tahun 2012 lalu, baik dari peningkatan pertumbuhan aset maupun pertumbuhan kredit mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal tersebut di ungkapkan Direktur BPR Bahteramas Bombana Munawwir, SE pada Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS) ke III Perusahaan Daerah BPR Bahteramas Bombana yang dilaksanakan baru baru ini (11/3) di gedung Dekranasda Bombana dihadapan Camat se Kab. Bombana yang merupakan pemegang saham dan subsitusi saham dari desa dan kelurahan. menurut Munawwir di tahun 2012 merupakan tahun pembelajaran bagi Bank yang di pimpinnya melihat sentra pertumbuhan ekonomi di masyarakat,walaupun demikian kata Munawwir dalam perjalanannyya di bombana telah banyak hal yang berhasil diraih BPR Bahteramas dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mikro masyarakat.

” BPR Bahteramas ditahun ini akan lebih mengefisienkan kredit melalui kredit usaha mikro, apalagi tahun ini kita mengalami peningkatan permodalan sekitar 700 juta yang diperuntukkan untuk masyarakat di desa ” kata Munawwir.

Lebih membanggakan lagi menurut Munawwir, ketersediaan kredit bagi masyarakat cukup meningkat di tahun ini,jika tahun sebelumnya BPR hanya mengalokasi kredit yang terbilang belum bisa memuaskan bagi sebagian pihak, di tahun ini kata munawwir, mencontohkan anggaran 1 milyar bisa di miliki oleh masyarakat sekitar seratus orang dengan akumulatif pinjaman kredit sebesar 5 juta perorang.

” Jika bank umum lainnya kredit 1 milyar hanya di berikan kepada satu pihak, di Bank Bahteramas tidak sepenuhnya demikian ” tandasnya.

Hingga saat ini sejak berdiri tiga tahun lalu, peningkatan usaha kerja dari Direksi BPR Bahteramas bisa di acungi jempol, banyaknya kemudahan yang diberikan kepada masyarakat baik itu dalam bentuk kredit, berimbas peningkatan pada nilai laba tahunan yang  tahun ini sudah mencapai lebih dari 47 juta.

” Walau terbilang kecil, tapi hal ini bisa di bilang fantastis jika dibanding bank yang se level Bank Bahteramas ” tambah Munawwir.

Ditempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil, SE mengatakan RUPS yang dilaksanakan tahun ini  diharapkan kedepannya bisa menjadikan bahteramas mengikuti jejak Bank BPD Sultra sebagaiBank  yang cukup memberi pengaruh di sultra dalam membantu masyarakat meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih BPR khususnya di Bombana tidak ada lagi alasan untuk tidak berkembang pasalnya para pemegang saham dalam penyertaan modal di dominasi camat dan kepala desa, sehingga dirinya menginginkaan agar RUPS ini dijadikan sebagai momentum untuk memberi masuk bagi dewan direksi dari pemegang saham apa langkah yang terbaik baik BPR Bahteramas untuk bersaing dengan bank lainnya.

” Saya kagum dengan BPR Bahteramas, karena Terbentuk dari keprihatinan yang lahir dari masyarakat akan kesulitan mendapatkan modal, bukan semata mata bernilai bisnis ” terang H. Tafdil.

Kedepannya, Bupati Bombana ini mengatakan pihak pemerintah daerah ditahun 2013 ini akan menggenjot perkembangan koperasi, dan jika hal tersebut berjalan sesuai rencana bukan tidak mungkin koperasi nantinya akan bermitra dengan BPR Bahteramas. ” Penilaian kami saat ini Bahteramas memiliki kontribusi yang cukup tinggi dan bekerja secara profesional, sehingga tidak menutup kemungkinan banyak kerjasama yang bisa dilakukan antara pemkab dan BPR Bahteramas ” pungkas suami Hj.A. Nirwana ini.

Satu hal yang menjadi perhatian H. Tafdil di BPR untuk tahun ini dan perlu di pertimbangkan yakni kredit bagi para kontraktor yang hanya berjumlah 75 juta, padahal dengan biaya sekian memang sangat kecil bagi kontraktor.

” Kredit ini sangat kecil, ini harus diperhatikan khususnya bagi kontraktor yang mendapat rekomendasi dari pemerintah, selain mendapat jamin tidak akan lari kemana mana karena pemerintah yang pegang uangnya,kita juga yang awasi pekerjaan yang dilakukannya,sisa kepercayaan saja dari bank buat mereka ” tandas H. Tafdil.

Rapat Umum Pemegang Saham BPR Bahteramas kali ini, selin di ikuti Camat se Bombana yang merupakan Pemegang Saham, ( RUPS) tersebut juga di hadiri Bupati Bombana, Wakil Bupati,Sekda Bombana, Dewan Pengawas dan Razak Yusuf yang merupakan salah Dewan direksi BPR Bahteramas Sultra.

“Saya kira perlu dipertimbangkan penyertaan modal sekitar 500 juta dari pihak Pemkab, namun sebelumnya hal ini harus di bicarakan dengan DPRD terlebih dahulu ” tambahnya.

Komentar