BUDIDAYA LEBAH TRIGONA, BP4K LIBATKAN KELOMPOK TANI

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia.  Rencana BP4K Bombana dengan melibatkan kelompok tani dalam pembudayaan Lebah madu atau kerap disebut dengan Lebah Trigona dalam waktu dekat ini akan memberangkatkan beberapa orang  yang didampingi satu penyuluh untuk melakukan studi lapang di Landono Konsel terkait cara membudidayakan lebah yang dikenal memiliki banyak khasiat yang terkadung di dalam madunya.

Kepala BP4K Bombana Sumpeno. SKM kala disambangi pewarta di kantornya kemarin (29/10) membenarkan hal tersebut, menurutnya Lebah madu (trigona ) sendiri merupakan Jenis Lebah yang dikenal memiliki banyak keistimewaan dibandingkan Lebah Lainnya. Terlebih lagi Jenis Lebah yang banyak terdapat didalam hutan ini mudah untuk di budidayakan dan bisa dapat menambah meningkatkan perekonomian masyarakat karena selain harganya yang relatif terjangkau, madu yang dihasilkan lebah pekerja ini banyak di cari karena khasiatnya.

“ untuk di sultra sendiri sejauh ini yang kami ketahui baru daerah Konsel     ( Landono ) yang telah berhasil dalam membudidayakan lebah ini “ kata Sumpeno.

Ketua ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia ) Kab. Bombana ini menambahkan dalam membudidayakan lebah trigona cukup mudah, pasalnya lebah ini hanya membutuhkan rumah  ( kotak ) dan harus  dijauh dari kebisingan dengan asap dari pembakaran, sehingga ratunya tidak meninggalkan koloni.

“ selama ratu tidak meninggalkan koloninya, maka lebah ini akan terus berproduksi terlebih lagi karakteristik daerah kita sangat cocok dengan lebah ini “ pungkas Sumpeno.

Kedepannya, Sumpeno menggambarkan jika dalam pembudidayaan lebah madu ini berhasil dengan kualitas yang baik dirinya akan berupa untuk lebih mengembangkannya, bahkan pria yang gemar olah raga ini telah merencanakan akan memasarkan secara missal dengan telelbih dahulu melakukan labelisasi produksi.

“ kita sudah ancang – ancang pemasarannya “ kata Sumpeno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *