BUPATI BOMBANA : JANGAN HARAP DAPAT JABATAN JIKA TIDAK LOLOS UJI KOMPETENSI

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Uji Kompetensi untuk mendapatkan pejabat yang memiliki kualitas dan kuantitas dalam mengemban suatu jabatan secara resmi hari ini mulai dilaksanakan pihak Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kabupaten Bombana  di Kantor Bupati Bombana.

Kepala BKD Kab. Bombana Drs. Man Arfa dalam sambutannya mengatakan Uji Kompetensi yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu sarana yang di amanatkan oleh Undang – Undang untuk mewujudkan transparasi  penyusunan  birokrasi dalam menduduki jabatan, dari 106 Jabatan Eselon IV yang masih lowong saat ini, peminat yang mengikuti seleksi  tersebut terbilang cukup besar juga.

“ dari data yang masuk sampai hari ini, jumlah peserta yang mengikuti  sebanyak 107 orang peserta “ kata Man Arfa.

Saat di Tanya hampir berimbangnya jabatan yang lowong dengan jumlah  pelamar, Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah ini menuturkan bahwa secara keseluruhan tidak menutup kemungkinan ada satu jabatan yang dilamar lebih dari 2 orang, sehingga jika masih ada jabatan yang lowong nantinya, maka jabatan tersebut tidak akan di isi sampai menunggu proses Uji Komptensi selanjutnya.

“ Tapi perlu di catat, tidak semua yang mengikuti seleksi ini lolos, karena ada beberapa standar  dan kriteria yang harus di ikuti para peserta, diantara tes tertulis, wawancara dan pemaparan itupun ada standar nilainya, jika tidak memenuhi standar dari syarat yang di tentukan maka sudah pasti akan gugur “  kata Man Arfa.

“ setelah lolos dari uji Kompetensi ini bukan berarti pula mereka bisa langsung direkomendasikan menduduki jabatan tersebut, karena proses selanjutnya yang bersangkutan harus mengambil lagi rekomendasi bebas temuan dari pihak Inspektorat Bombana “ lanjutnya.

Sementara itu  ditempat yang sama Bupati Bombana H. tafdil, SE. MM yang membuka secara resmi uji komptensi tersebut sangat mengapresiasi seleksi yang dilakukan pihak BKD, pasalnya dengan uji Kompentensi ini maka secara pasti semua aparatur yang sudah memenuhi syarat untuk menduduki suatu jabatan memiliki kesempatan yang sama.

“ kalau tidak salah ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Sultra sehingga kita patut berbangga karena kita mampu untuk melakukan penyaringan dalam mendapatkan pejabat yang benar – benar berkualitas “ kata H. tafdil.

Orang  nomor satu di lingkup Pemerintah Daerah bombana ini menjamin uji komptensi yang dilaksanakan pihak BKD akan bebas dari intervensi dari pihak manapun, karena selain standarisasi  nilai penentu kelulusan yang   cukup tinggi, keterlibatan penuh Tim Baperjakat ( badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan ) dalam proses ini menjadi sebuah jamin tersendiri.

“  saya jamin tidak akan ada KKN di Proses ini, artinya siapapun yang berprestasi dan di anggap cakap serta profesionalisme dalam bidangnya sudah pasti akan terakomodir , jadi tidak ada lagi cerita siapa yang dekat dengan pejabat dia juga yang dapat jabatan, selama tidak mengikuti dan lolos di Uji Komptensi ini saya jangan pernah berharap untuk dapat menduduki suatu jabatan “ terang H. Tafdil.

“  Kedepannya proses yang sama akan tetap kami lakukan bahkan standar penilaiannya akan lebih ketat termasuk penguasaan tekhnologi, terlebih lagi untuk eselon III dan II karena saya sendiri bersama Ibu Wakil Bupati dan pak Sekda akan menjadi salah satu tim penilaian dari sekian banyak tim yang akan terlibat “ pungkasnya.

Komentar